sunbanner

Wong Jombang Wajib Tahu! Cek 13 Pabrik Gula di Jombang yang Didirikan Sejak Masa Kolonial Belanda, Masih Beroperasi?

Wong Jombang Wajib Tahu! Cek 13 Pabrik Gula di Jombang yang Didirikan Sejak Masa Kolonial Belanda, Masih Beroperasi?

Tebu--

2. SF Soekodono / Mojoagung (1869) atau Pabrik Gula Soekodono / Mojoagung (1869)

Berdasarkan data yang dilansir oleh VIV.co.id dari Jawa Pos Radar Jombang yang terdokumentasikan di situs yang dikelola oleh pemerintah Belanda, Pabrik Gula Soekodono atau Mojoagung tercatat mengalami tiga kali perubahan kepemilikan.

Pabrik ini didirikan pada tahun 1869 dan awalnya dimiliki oleh Nederland Handelmaatschappij dengan JJC Garon sebagai administraturnya.



Tiga tahun kemudian, sekitar tahun 1872, kepemilikan pabrik ini berpindah tangan kepada WA Baud dan beroperasi selama 12 tahun di bawah kepemilikan tersebut.

Pada tahun 1884, pabrik ini kembali berpindah kepemilikan ke Erven Baud/ DJ Jut en Factory. Dalam beberapa foto yang berhasil ditemukan, terlihat bahwa pabrik ini memiliki kemewahan tersendiri karena dilengkapi dengan fasilitas stasiun trem.

Ternyata, pabrik ini terletak tepat di sepanjang jalur OJSM (Oost-Java Stoomtraam Maatschappij), yaitu jalur kereta api yang menghubungkan Ngoro dengan Mojokerto.





×

Sayangnya, bangunan pabrik ini hampir tidak tersisa lagi saat ini. Beberapa tahun setelah kemerdekaan, bangunan pabrik ini dihancurkan oleh tentara Republik Indonesia dengan alasan keamanan negara.

Tindakan tersebut dilakukan demi menjaga kestabilan dan keamanan negara yang baru merdeka.

Cek pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr