sunbanner

Warga Riau Perhatikan! Ternyata Ada Singkatan untuk Bengkalis, Cek 7 Nama Kota dan Kabupaten di Riau yang Diambil dari Singkatan

Warga Riau Perhatikan! Ternyata Ada Singkatan untuk Bengkalis, Cek 7 Nama Kota dan Kabupaten di Riau yang Diambil dari Singkatan

Batam--

7 Nama Kota dan Kabupaten di Riau dari Singkatan:

Batam

Daerah yang pertama, adalah Batam dimana ternyata penamaan kota ini merupakan sebuah akronim dar sebuah cerita dengan kepanjangannya adalah Batu Ampa. Asal dari istilah 'Batu Ampa' berasal dari cerita rakyat yang berkembang di masyarakat yakni Si Badang dan Putri Tumasik.

Diketahui saat ini, cerita rakyat tersebut dimuat dalam hikayat Rakyat Melayu. Namun sementara itu adapun yang beradasarkan dari sumber sejarah yang menyebutkan jika nama Batam, berasal dari kata batang.

Meranti



Selanjutnya adalah Kabupaten Kepulauan Meranti, yang ternyata penamaan wilayah tersebut merupakan gabungan dari beberapa wilayah terdekat sebanyak 3 daerah. Di antaranya Meranti merupakan gabungan dari nama wilayah Palau Merbau, Pulau Rangsang, dan Pulau Tebing Tinggi.

Rohu

Daerah di Riau selanjutnya yang penamaan berasal dari singkatan adalah, Kabupaten Rohu. Dimana ternyata 'Rohu' adalah singkatan dari 'Rokan Hulu'. Diketahui jika sebutan nama 'Rokan' berasal dari Bahasa Arab 'Rokana' yang berarti damai.

Dalam versi sejarah, menyebutkann jika rokan itu berasal dari istilah rantau rokan, yang memiliki arti tempat orang merantau dari Sumatera Barat.





×

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr