sunbanner

Warga Riau Mari Merapat! Ternyata Bengkalis Memiliki Singkatan, Simak 7 Nama Kota dan Kabupaten di Riau dari Singkatan

Warga Riau Mari Merapat! Ternyata Bengkalis Memiliki Singkatan, Simak 7 Nama Kota dan Kabupaten di Riau dari Singkatan

Rokan Hulu--

Dumai

Kabupaten selanjutnya yang ada di Riau adalah, Dumai. Informasi menurut cerita rakyat yang berkembang di masyarakat setempat, adalah penamaan tersebut berasal dari dua istilah yakni 'lubuk' dan 'umai, memiliki arti yakni binatang yang mirip dengan landak.

Kuantan Singingi

Selanjutnya ada daerah Kuantan Singingi, yang mana juga ternyata berasal dari singkata dua istilah kata yaitu 'aku' berarti pancang untuk pembatas wilayah dan 'antan' artinya wilayah Kuantan Singingi dulunya berbatasan dengan Alu, yang juga disebut Antan. 

Siak



Kemudian ada wilayah Siak, yang mana ternyata wilayah ini berada pada pimpinan Kesultanan Johor Sampai berdirinya sebuah kerajaan yang baru, dikenal sebagai Kerajaan Siak. Digadang-gadang nama Siak berasal dari tumbuhan, yang bernama 'Siak-siak' dan disingkat sebagai Siak.

Bengkalis

Kabupaten atau Kota terakhir adalah Bengkalis, yang mana penamaan wilayah ini diambil dari dua kata yakni 'mengkal' berarti sedih dan 'kalis' berarti tabah. Menurut cerita, dahulu ada seorang Tuan Bujang dan Raja Kecil dengan status yang tidak mendapat pengakuan, dan ia mengucapkan mengkalis kepada semua pengikutnya.

Kini untuk istilah kata 'mengkalis' tersebut, di geser menjadi 'bengkalis' yang dikenal hingga saat ini.





×

***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr