sunbanner

Berkibar Sejak 1994! Kini Meredup, Alasan Tak Terduga di Balik Pabrik Sepatu Terkenal di Jawa Timur yang Pailit dan Terancam Bangkrut?

Berkibar Sejak 1994! Kini Meredup, Alasan Tak Terduga di Balik Pabrik Sepatu Terkenal di Jawa Timur yang Pailit dan Terancam Bangkrut?

Berkibar Sejak 1994! Kini Meredup, Alasan Tak Terduga di Balik Kebangkrutan Pabrik Sepatu Terkenal di Jawa Timur-pexels-

Namun, masa kejayaan New Era seakan meredup pada periode terkini, dengan perusahaan ini menghadapi tantangan serius.

PT New Era Rubberindo terlibat dalam kontroversi terkait pembayaran gaji karyawan, dimana perusahaan dihadapkan pada kesulitan membayarkan gaji 1200 karyawan selama enam bulan. Bahkan, tunjangan hari raya (THR) juga tidak dibayarkan kepada karyawan.



Insiden ini dilaporkan dimulai sejak bulan Juli tahun 2021. Keadaan semakin mengkhawatirkan ketika terungkap bahwa perusahaan menawarkan upah di bawah standar Upah Minimum Kabupaten (UMK) Gresik kepada karyawan, yang seharusnya mendapatkan Rp4,2 juta sesuai dengan ketentuan UMK Gresik, namun ditawarkan hanya sebesar Rp3 juta.

Baca juga: Surakarta dan Magelang Setuju Bersaing untuk Merebut Status Ibukota Jawa Tengah setelah Warga Terpintarnya Mencapai 85,5 Persen

Baca juga: Jaraknya Hanya 57 Km dari Kota Jambi, Kabupaten Ini Memilih Untuk Memisahkan Diri dari Provinsi Jambi dan Membentuk Daerah Baru, Keputusan Mengejutkan, 5 Kecamatan Ini Memutuskan Bergabung





×

Puncak tragedi terjadi pada tahun 2023, ketika PT New Era Rubberindo dinyatakan pailit. Mahkamah Agung mencatat tanggal 3 Februari 2023 sebagai hari kebangkrutan resmi perusahaan ini.

Penyataan pailit ini tercatat dalam Pengalaman Niaga Surabaya, dan patut dicatat bahwa kebangkrutan pabrik sepatu ini tidak disebabkan oleh masalah hutang, melainkan oleh ketatnya persaingan dengan produk luar negeri yang ditawarkan dengan harga lebih kompetitif.

Dengan demikian, berakhirlah catatan singkat terkait pabrik sepatu yang pernah mengukir nama di Jawa Timur, tetapi harus menutup tirai perusahaannya pada tanggal 3 Februari 2023, setelah melewati berbagai tantangan ekonomi dan manajerial.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr