sunbanner

Keindahan Alam Desa Wisata Nyarai yang Memukau, Membuat Sumatera Barat Bersorak Kegembiraan, dan Sukses Meraih Posisi di 75 Besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023

Keindahan Alam Desa Wisata Nyarai yang Memukau, Membuat Sumatera Barat Bersorak Kegembiraan, dan Sukses Meraih Posisi di 75 Besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023

Desa Wisata Nyarai - Sumatera Utara--

Dampaknya, batuan tersebut terkikis hingga berlubang dan membentuk kolam-kolam serta cekungan yang semakin membesar seiring berjalannya waktu.

Tak hanya itu, desa wisata ini juga memiliki banyak keistimewaan lain yang membuatnya menjadi kebanggaan warga Sumatera Barat.



Bukti dari pesonanya adalah masuknya desa ini ke dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Lokasinya memang cukup jauh dari ibu kota Sumatera Utara, Medan, dengan jarak sekitar 42 kilometer.

Desa Wisata Saliban Lubuk Alung, atau yang lebih dikenal sebagai Desa Wisata Nyarai oleh penduduk setempat, terletak di Nagari Salibutan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.





×

Desa ini berada di lereng Pegunungan Bukit Barisan, dengan luas wilayah mencapai 265.337 hektar dan dihuni oleh sekitar 500 kepala keluarga.

Keunikan lainnya adalah 60 persen lahan desa merupakan hutan kemasyarakatan dan hutan lindung.

Desa Wisata Nyarai terdiri dari 5 dusun dan 18 RW, dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pelaku usaha ekowisata.

Daya tarik utama tempat ini adalah Air Terjun Nyarai yang memiliki lubuk alami di tengahnya.

Lubuk ini terbentuk akibat fenomena breksi, yaitu pusaran air yang secara perlahan mengikis batuan hingga membentuk cekungan.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr