Apa Kepanjangan Tangerang? Cek Asal Usul Nama Daerah di Banten yang Bermula dari Singkatan Nyeleneh dan Nyentrik?

 Apa Kepanjangan Tangerang? Cek Asal Usul Nama Daerah di Banten yang Bermula dari Singkatan Nyeleneh dan Nyentrik?

Pecah Telur! Daerah Baru di Sulawesi Tenggara Rilis Nama dan Kejutan Spesialnya!-Berbagai Sumber-

Dikutip dari situs resmi uinbanten.ac.id, asal usul nama Cilegon terletak dalam bahasa Sunda, di mana kata "cai" merujuk pada air, sementara "legon" atau "melegon" menggambarkan lengkungan.

Oleh karena itu, Cilegon menggambarkan kawasan yang kaya akan rawa atau daerah yang dilalui oleh aliran air yang berliku-liku.



Menurut informasi yang dihimpun dari kemendikbud.go.id, Serang merupakan penyusunan ulang dari frasa "se-erang" yang menandakan satu paket atau sekelompok yang bersatu.

Dengan demikian, Serang merujuk kepada komunitas yang berkumpul dan hidup bersama dalam satu komunitas pemukiman.

Baca juga: Syok Mendengar Ini! 3 Daerah di Lampung Berawal dari Nama Singkatan, Coba Tebak, Yakin Nomor 2 Bikin Anda Penasaran!





×

Baca juga: Nama Desa Unik di Lahat Sumatera Selatan, Bikin Warganya Kaget No 7 Namanya Mirip Perasaan Gen Z hingga No 3 Bikin Rakyat Mupeng!

Baca juga: Ibukota Baru Papua Selatan: Apa yang Tersembunyi di Balik Diresmikannya Masih Belum Genap 2 Tahun? Punya Nama Nyentrik?

Berkenaan dengan Tangerang, situs resmi tangerangkab.go.id menyebutkan bahwa Tangerang merujuk kepada "Tangger" yang menunjukkan tanda atau batas.

Kata "perang" yang menyertainya merujuk kepada konflik atau pertempuran.

Kesimpulannya, Tangerang merepresentasikan wilayah batas yang terkait erat dengan sejarah serta karakter geografis daerah ini.

Inilah uraian mengenai tiga nama daerah di Provinsi Banten yang diambil dari singkatan tertentu yang mengandung makna historis dan geografis.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr