sunbanner

Sejarah Bandung Kembali Terkuak! Ternyata Berasal dari Kabupaten Ciamis yang Dulunya Pecah Akibat Pemekaran dengan Wilayah

Sejarah Bandung Kembali Terkuak! Ternyata Berasal dari Kabupaten Ciamis yang Dulunya Pecah Akibat Pemekaran dengan Wilayah

desa-serbabandung/pixabay-

1. Kota Banjar: Melangkah Mandiri

Pertama kali dimekarkan pada tahun 2002, Kabupaten Ciamis menciptakan sebuah entitas baru yang penuh potensi - Kota Banjar.



Meski awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis, Kota Banjar kemudian menjelma menjadi kotamadya yang berdiri kokoh di sebelah timur provinsi, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Kota Banjar lahir berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2002, yang secara resmi menetapkan keberadaannya pada 11 Desember 2002, seperti yang tercatat dalam e-database.kemendagri.go.id.

Wilayah Kota Banjar kini mencakup 131,01 kilometer persegi, dihuni oleh lebih dari 206,46 ribu jiwa pada tahun 2022.





×

Tak hanya memiliki keindahan alam dan sejarah yang kaya, Kota Banjar juga terkenal sebagai salah satu daerah paling ramai di Jawa Barat.

Kepadatan penduduknya melebihi rata-rata, mencapai 1.576 jiwa per kilometer persegi, melebihi rata-rata kepadatan penduduk Jawa Barat pada tahun 2022 yang mencapai 1.334 jiwa per kilometer persegi.

Baca juga: Syok Mendengar Ini! 3 Daerah di Lampung Berawal dari Nama Singkatan, Coba Tebak, Yakin Nomor 2 Bikin Anda Penasaran!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr