sunbanner

Sejarah Bandung Kembali Terkuak! Ternyata Berasal dari Kabupaten Ciamis yang Dulunya Pecah Akibat Pemekaran dengan Wilayah

Sejarah Bandung Kembali Terkuak! Ternyata Berasal dari Kabupaten Ciamis yang Dulunya Pecah Akibat Pemekaran dengan Wilayah

desa-serbabandung/pixabay-

2. Kabupaten Pangandaran: Muda dan Tersepi

Selain Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran juga merupakan hasil pemekaran wilayah Kabupaten Ciamis.



Kabupaten ini resmi berdiri pada 17 November 2012, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pangandaran di Provinsi Jawa Barat.

Meski termuda di antara daerah-daerah di Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran telah menyimpan pesona sendiri.

Dengan luas wilayah mencapai 1.128,18 kilometer persegi, kabupaten ini tercatat sebagai daerah tersepi di Jawa Barat pada tahun 2022.





×

Baca juga: Nama Desa Unik di Lahat Sumatera Selatan, Bikin Warganya Kaget No 7 Namanya Mirip Perasaan Gen Z hingga No 3 Bikin Rakyat Mupeng!

Penduduk Kabupaten Pangandaran hanya berjumlah sekitar 432,38 ribu jiwa, menjadikan kepadatan penduduknya yang paling rendah di provinsi ini, yaitu hanya 383 jiwa per kilometer persegi.

Dua entitas yang lahir dari pemekaran wilayah Kabupaten Ciamis ini menawarkan kekayaan budaya, alam, dan sejarah yang menarik.

Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, masing-masing dengan karakteristiknya, menjadi bagian integral dari keberagaman Jawa Barat yang patut untuk dijelajahi.***

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr