sunbanner

Siapa Bupati Sumatera Utara yang Namanya Dinobatkan Sebagai Bandara? Ternyata Bandaranya Sudah Berusia 46 Tahun Banyak Warga Yang Belum Tau Kok Bisa?

Siapa Bupati Sumatera Utara yang Namanya Dinobatkan Sebagai Bandara? Ternyata Bandaranya Sudah Berusia 46 Tahun Banyak Warga Yang Belum Tau Kok Bisa?

Bukan di Samarinda! Proyek Bandara Baru di Kalimantan Timur Dibangun Secara Ambisius, Punya Cerita Menarik di Balik Lokasinya yang Tersembunyi!-rudragos/pixabay-

Landasan pacu bandara ini memiliki dimensi yang mengesankan, dengan lebar 30 meter dan panjang mencapai 2.250 meter.

Fasilitas ini juga terhubung melalui jalan penghubung seluas 70 meter dan lebar 30 meter.



Terletak di Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, bandara ini menjadi pintu masuk utama penerbangan ke Pulau Nias.

Bandara yang dikenal dengan nama Bandara Binaka ini pernah menjadi pusat perdebatan pada tahun 1975–1981.

Saat itu, masyarakat Nias mengusulkan perubahan nama menjadi Bupati Nias, dengan panggilan akrab Dalimend atau Dalihuku Mendrofa.





×

Dalimend dikenal sebagai tokoh yang telah berjasa membangun dan memperbaiki bandara di Nias.

Meskipun banyak dukungan dari pihak masyarakat untuk mengganti nama menjadi Dalimend sebagai tanda terima kasih, Hakim Kasianus Telaumbanua mempertahankan nama Bandara Binaka.

Polemik ini menciptakan ketegangan antara pendukung perubahan nama dan pihak yang ingin mempertahankan sejarah.

Baca juga: Teka-teki Lahan 170 Hektare di Lampung Siap Bangun Stadion Super Mewah Standart FIFA, Berapa Biayanya dan Siapa Investor di Balik Proyek Hebat Ini?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr