sunbanner

Dari Sejarah Panjang hingga Kota Otonom, Mari Simak Perjalanan Menarik Pemekaran Singkawang Di Tanah Kalimantan Barat

Dari Sejarah Panjang hingga Kota Otonom, Mari Simak Perjalanan Menarik Pemekaran Singkawang Di Tanah Kalimantan Barat

desa-Alfariz27/pixabay-

Namun, seiring berjalannya waktu, Kecamatan Singkawang dilepaskan dari Kabupaten Sambas dan pada tahun 2001, resmi menjadi sebuah kota baru yang mandiri.

Perubahan ini tidak terlepas dari sejarah Kecamatan Singkawang yang awalnya merupakan bagian integral dari Kabupaten Sambas berdasarkan UU No.27 tahun 1959.



Perkembangannya terus berlanjut hingga PP No.49 tahun 1981 yang mengubah statusnya menjadi Kota Administratif, dengan tujuan meningkatkan laju pembangunan daerah.

Meski Singkawang pernah diusulkan menjadi Kotamdya Daerah Tingkat II Singkawang, usulan ini tidak mendapat realisasi dari pemerintah pusat.

Pada tahun 1999, satu-satunya keberhasilan pemekaran dari Kabupaten Sambas terjadi dengan lahirnya Kabupaten Bengkayang, yang menyebabkan Singkawang masuk dalam administratif Kabupaten Bengkayang.





×

Masyarakat Singkawang tidak puas dengan situasi ini dan terus menyuarakan aspirasinya agar daerahnya bisa berdiri sendiri.

Baca juga: Warga Belum Banyak yang Tau, Kalimantan Barat Punya Kota Baru! Kini Terbagi jadi 2 Sudah Diresmikan pada 21 Januari

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr