sunbanner

Resmi Terpecah! Dua Provinsi Baru dan 1 Kabupaten Menjadi Kenyataan, Pemekaran Kalimantan Tengah Sudah Fix! Apa Saja? Benarkan Infonya?

Resmi Terpecah! Dua Provinsi Baru dan 1 Kabupaten Menjadi Kenyataan, Pemekaran Kalimantan Tengah Sudah Fix! Apa Saja? Benarkan Infonya?

Simak! Pemekaran Terbaru di Riau Hilangkan Daerah Lama! Kabupaten Baru Muncul, Apa yang Tersembunyi di Balik 13.408,72 Km2 Wilayah Baru?-UNPLASH-

Pemekaran wilayah ini akan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti kepadatan penduduk, ekonomi, infrastruktur, ketersediaan sumber daya alam, dan faktor lainnya.

Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas yang cukup besar, bahkan seukuran satu setengah kali pulau Jawa.



Pemekaran wilayah ini juga bertujuan untuk memudahkan sistem pelayanan administrasi bagi warga serta berdampak positif terhadap beban APBD provinsi.

Dengan pemekaran wilayah, beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) akan berkurang, dan pembangunan infrastruktur serta perekonomian daerah dapat mengalami kemajuan.

Pemerintah mengusulkan pembentukan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) melalui pemekaran wilayah ini.





×

Rahmat Nasution Hamka, sebagai ketua presidium daerah persiapan provinsi Kotawaringin, menyebutkan bahwa usulan pemekaran wilayah ini telah memenuhi syarat administratif dan materiil sesuai perundangan.

Saat ini, pemerintah setempat hanya menunggu kebijakan atau keputusan dari pemerintah pusat terkait rencana pemekaran wilayah ini.

Berdasarkan berbagai sumber, rencana pemekaran wilayah di Kalimantan Tengah meliputi Provinsi Kotawaringin, Provinsi Barito Raya, dan Kabupaten Kapuas Ngaju.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr