sunbanner

Menikmati Keindahan Bendungan Terbesar di Jawa Tengah, Menghidupi 4 Kabupaten dan Ribuan Hektar Sawah, Jaraknya Hanya 44 Km dari Surakarta

Menikmati Keindahan Bendungan Terbesar di Jawa Tengah, Menghidupi 4 Kabupaten dan Ribuan Hektar Sawah, Jaraknya Hanya 44 Km dari Surakarta

Waduk Gajah Mungkur - Wonogiri--

Tak hanya berfungsi sebagai irigasi bagi sejumlah wilayah, tetapi Waduk Gajah Mungkur juga difungsikan untuk mengontrol banjir serta menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan daya mencapai 12,4 Megawatt.

Prestasi luar biasa ini tidak hanya bermanfaat bagi petani di Kabupaten Wonogiri, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat sekitar.



Merampungkan proyek besar seperti Waduk Gajah Mungkur tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Proses pembangunannya menelan biaya sekitar Rp69,5 miliar. Namun, hasilnya tentu sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Waduk ini mampu mengairi lebih dari 23.600 hektar lahan pertanian di empat kabupaten, yaitu Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, dan Sragen.





×

Tak hanya sebagai solusi irigasi dan energi listrik, Waduk Gajah Mungkur juga menjadi tempat wisata yang menarik.

Dengan luas mencapai 8.800 hektar, waduk ini menyajikan pemandangan yang memukau di tujuh kecamatan sekitarnya.

Wisatawan dapat menikmati perjalanan menyusuri waduk menggunakan kapal boat, memancing, atau bahkan mencoba olahraga gantole yang menantang.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr