sunbanner

Pemekaran Barito Raya, Tahapan Menuju Provinsi Baru, Cek Info Lengkapnya, Termasuk Kabar Terkini Ibu Kotanya

Pemekaran Barito Raya, Tahapan Menuju Provinsi Baru, Cek Info Lengkapnya, Termasuk Kabar Terkini Ibu Kotanya

Kenapa Kemendagri Setuju Pecahnya Kaltim? Pemekaran 4 Oktober Jadi Sejarah Baru 2 Daerah yang Dipisah dari Kalimantan Timur, Cek Lokasi dan Apakah Rumahmu Termasuk?-quang-pexels-

Pemekaran Barito Raya, Tahapan Menuju Provinsi Baru, Cek Info Lengkapnya, Termasuk Kabar Terkini Ibu Kotanya

Pemekaran Barito Raya menjadi provinsi sebenarnya telah direncanakan sejak tahun 2012. Bahkan usulan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) tersebut muncul sebelum usulan pemekaran Provinsi Kotawaringin.



Namun, proses pemekaran tersebut terkendala oleh regulasi setelah Kabupaten Barito Kuala mengundurkan diri. Syahmiludin A. Surapati, Sekretaris Tim Penyusunan Proposal Pengusulan Provinsi Barito Raya dari Subrayon Barito Utara, menyampaikan hal ini.

Baca juga: Bengkayang dan Sambas Bersaing Ketat, Terancam Terusir dari Kalbar, Karena IMP Tertinggi, Pontianak Juga Masuk

Baca juga: Kota 151 Km dari Pontianak, Kota Ini Siap Kalahkan Ibukota Kategori Daerah Paling Sejahtera di Kalbar





×

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Baru Dekat Pandeglang, 8 Kecamatan Siap Bergabung, Luas Wilayahnya Bisa Capai 1,055 Km

"Ide pemekaran Barito Raya muncul lebih awal dibandingkan ide pemekaran Provinsi Kotawaringin," ujar Syahmiludin pada awal tahun 2023.

Dia menjelaskan bahwa dari segi jumlah kabupaten, pemekaran Provinsi Kotawaringin memang lebih siap. Namun, berdasarkan kajian lain yang telah dilakukan mengenai wilayah dan pertimbangan lainnya, pemekaran Provinsi Barito Raya sangat layak dilakukan. Hanya saja, hingga saat ini rencana tersebut masih terhambat oleh persyaratan dukungan minimal.

Syahmiludin menjelaskan bahwa ketika pertama kali diajukan pembentukan provinsi baru, persyaratan sudah terpenuhi. Namun, pada saat itu, regulasi yang berlaku untuk pembentukan provinsi baru mensyaratkan dukungan dari lima kabupaten.

"Namun, untuk Barito Raya, di DAS Barito hanya ada empat kabupaten yang siap saat itu, yaitu Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, dan satu kabupaten dari provinsi tetangga, yaitu Barito Kuala," ungkap Syahmiludin.

Syahmiludin menjelaskan bahwa pada saat itu, Kabupaten Murung Raya tidak memberikan tanggapan. "Proses pemekaran saat itu terhambat oleh persyaratan dukungan dari lima kabupaten," tambahnya.

Alasan Barito Kuala memberikan dukungan terhadap pemekaran Barito Raya saat itu adalah karena daerahnya belum maju. Namun saat ini, Barito Kuala tidak lagi memberikan dukungan karena daerah tersebut telah lebih maju.

Menurut Syahmiludin, usulan pemekaran Provinsi Barito Raya telah lama diupayakan sejak sekitar tahun 2012-2014. Pada waktu itu, Kabupaten Barito Utara masih dipimpin oleh Yuliansyah.

"Pada tahun 2012-2014, wacana pemekaran tersebut telah dimulai. Bahkan, saat itu sudah terbentuk komite untuk Provinsi Barito Raya yang terdiri dari beberapa kabupaten di DAS Barito. Namun hingga saat ini, rencana tersebut masih belum dapat direalisasikan karena terhambat oleh regulasi pusat yang mengharuskan adanya dukungan minimal dari lima kabupaten, sedangkan kita hanya memiliki dukungan dari empat kabupaten saja," jelasnya.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr