sunbanner

Pemekaran Barito Raya, Tahapan Menuju Provinsi Baru, Cek Info Lengkapnya, Termasuk Kabar Terkini Ibu Kotanya

Pemekaran Barito Raya, Tahapan Menuju Provinsi Baru, Cek Info Lengkapnya, Termasuk Kabar Terkini Ibu Kotanya

Kenapa Kemendagri Setuju Pecahnya Kaltim? Pemekaran 4 Oktober Jadi Sejarah Baru 2 Daerah yang Dipisah dari Kalimantan Timur, Cek Lokasi dan Apakah Rumahmu Termasuk?-quang-pexels-

Syahmiludin mengatakan bahwa saat itu komite telah berupaya untuk terus berkomunikasi dengan salah satu kabupaten di provinsi tetangga, yaitu Kutai Timur, KalimantanTimur. Namun, mereka belum mendapatkan dukungan. Pihaknya juga berusaha untuk memekarkan kabupaten di wilayah regional Barito agar dapat membantu mewujudkan pemekaran Provinsi Barito Raya, tetapi upaya tersebut juga menghadapi kendala.

"Bahkan ketika ingin memekarkan kabupaten di wilayah kita sendiri, juga terhambat. Barito Utara, misalnya, jika ingin memekarkan kabupaten, harus menambah satu kecamatan lagi. Karena diperlukan lima kecamatan untuk membentuk satu kabupaten, sedangkan di Batara hanya terdapat sembilan kecamatan, sehingga masih kurang satu," paparnya.



Syahmiludin menyatakan bahwa jika ingin mewujudkan usulan pemekaran Provinsi Barito Raya, seharusnya ada regulasi khusus yang memungkinkan pengecualian dari persyaratan dukungan minimal lima kabupaten.

"Seharusnya ada regulasi khusus yang tidak hanya melihat jumlah dukungan kabupaten, tetapi juga dapat mempertimbangkan luas wilayah kerja," ucapnya.

Di sisi lain, Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Henry, menyebutkan bahwa prinsip dari pemekaran provinsi adalah untuk memperluas jangkauan dan memperpendek urusan birokrasi pemerintah dalam melayani masyarakat.





×

"Tujuan sebenarnya dari pemekaran wilayah adalah untuk memperpendek jangkauan pemerintah dalam melayani masyarakat. Namun, pemekaran daerah tentu akan menambah beban negara. Oleh karena itu, pendapatan daerah juga perlu ditingkatkan," tegasnya.

Henry, kader Partai NasDem, menjelaskan bahwa pemekaran daerah membutuhkan waktu yang tepat dan perlu mempertimbangkan luas wilayah, jumlah penduduk, dan sumber daya alam, bukan semata-mata untuk pembagian kekuasaan.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr