sunbanner

Selamat Tinggal! 6 Daerah Akan Berpisah dari Jawa Timur Pilih Pisah dari Kota Bonek, Apakah Wilayahmu Termasuk?

Selamat Tinggal! 6 Daerah Akan Berpisah dari Jawa Timur Pilih Pisah dari Kota Bonek, Apakah Wilayahmu Termasuk?

Makin Sempit? 6 Kabupaten Bakal Gabung Jawa Timur Imbas Pemekaran, Banyuwangi Jadi Ibu Kota Baru, Masyarakat Jatim Setuju Gak?--

Secara geografis, Banyuwangi berbatasan dengan Selat Bali di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Kabupaten Situbondo di sebelah utara.

Di samping itu, Banyuwangi juga berbatasan dengan Kabupaten Jember di sebelah barat.



Maka tidaklah mengherankan jika terdapat wacana bahwa Banyuwangi akan bergabung dengan Jember dan empat daerah lainnya untuk membentuk provinsi baru.

Wacana pembentukan provinsi baru yang akan menjadi pesaing bagi Jatim ini pertama kali diajukan pada tahun 2012 oleh bupati Jember saat itu, yaitu MZA Djalal.

Menurutnya, jika Kalimantan dapat membentuk provinsi baru seperti Kalimantan Utara, maka Jatim juga seharusnya dapat melakukannya.





×

Pemekaran wilayah juga dapat dilakukan di Jatim dengan membentuk provinsi baru, dengan tujuan untuk memperkecil wilayah Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk mencapai puluhan juta jiwa.

Wacana mengenai pemekaran atau pembentukan provinsi baru di Jatim ini diusulkan oleh MZA Djalal dalam sidang paripurna untuk mengesahkan empat Peraturan Daerah (Perda) di Gedung DPRD Jember.

Namun, nama resmi untuk provinsi baru tersebut belum dipastikan oleh bupati Jember saat itu. MZA Djalal memberikan tiga pilihan nama, yaitu Provinsi Blambangan, Tawang Alun, atau Pendalungan.

Banyuwangi, Jember, dan empat daerah lainnya diusulkan untuk bergabung membentuk provinsi baru sesuai wacana yang diajukan. Namun, apakah hal tersebut akan menjadi kenyataan?

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr