sunbanner

Manggarai Segera jadi Ibukota baru NTT dengan Menonjolkan Kekayaan Alam Pulau Flores dan Luas Wilayah 7.136,4 km Persegi

Manggarai Segera jadi Ibukota baru NTT dengan Menonjolkan Kekayaan Alam Pulau Flores dan Luas Wilayah 7.136,4 km Persegi

desa-Bintang_Galaxy/pixabay-

Kabupaten Manggarai, yang menjadi induk dari Kabupaten Manggarai Barat, terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Barat.

Ibu kota Kabupaten Manggarai berada di Ruteng, sebuah kota kecil di ujung barat Flores, dengan jumlah penduduk mencapai 382.422 jiwa, mayoritas beragama Katolik Roma.



Pemekaran wilayah ini bukanlah hal baru dalam sejarah Kabupaten Manggarai. Wacana mengenai pemekaran wilayah ini sudah muncul sejak tahun 1950-an.

Usul pemekaran itu pertama kali diajukan oleh tokoh Manggarai, Lambertus Kape, yang pernah menjadi anggota Konstituante di Jakarta.

Proses formal pembentukan kabupaten baru dimulai pada tahun 1963 melalui lembaga politik Partai Katolik Subkomisariat Manggarai.





×

Barulah pada tahun 2003, Undang-Undang No. 8 disahkan, menetapkan pendirian Kabupaten Manggarai Barat sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Manggarai.

Resmi diresmikan pada 25 Februari 2003, Kabupaten Manggarai Barat mencakup daratan Pulau Flores bagian barat dan beberapa pulau kecil, termasuk Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pulau Seraya Kecil, Pulau Seraya Besar, Pulau Longos, dan Pulau Bidadari.

Baca juga: Kabupaten Ciawi Hasil Pemekaran Daerah Mana? Coba Tebak Latar Belakang Kabupaten yang Ditunjuk Sebagai Pusat Agribisnis dan Wisata Ini, Ternyata Cuma Wacana?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr