sunbanner

Potensi Kabupaten Bone yang Digadang Bakal Jadi Ibukota Provinsi Bugis Timur Pemekaran Sulsel, Daerah Ini Siap Bergabung

Potensi Kabupaten Bone yang Digadang Bakal Jadi Ibukota Provinsi Bugis Timur Pemekaran Sulsel, Daerah Ini Siap Bergabung

daerah-tomas/pexels-

Wacana Provinsi Bugis Timur

Provinsi Bugis Timur semakin menjadi sorotan seiring dengan wacana pemekaran wilayah di Pulau Sulawesi.

Dalam konteks ini, terdapat rencana kuat untuk membentuk daerah otonom baru yang akan berdiri berdampingan dengan Sulawesi Selatan.



Dalam rencana pemekaran ini, Bugis Timur diusulkan untuk memisahkan diri dari Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu pemekaran wilayah yang akan dibagi menjadi dua daerah otonom baru.

Proyeksi awal menunjukkan bahwa wilayah Bugis Timur akan memiliki luas mencapai 13 ribu km2, hampir sebanding dengan wilayah Sulawesi Utara.

Kabupaten Bone, yang merupakan bagian dari Bugis Timur, tampaknya berpotensi untuk menjadi ibu kota dari provinsi baru ini.





×

Dalam konteks ini, Watampone adalah salah satu wilayah yang akan menjadi pusat pemerintahan yang terletak di Kabupaten Bone.

Baca juga: Warga Sambut Bahagia Pemekaran Cianjur! Cipanas Bakal Jadi Kabupaten Terbesar di Jawa Barat Jika Berhasil Terealisasi

Baca juga: Kalimantan Barat Pecah! Kabupaten Kecil Ini Siap Bertransformasi Jadi Provinsi Baru Ibukotanya Bukan Pontianak?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr