sunbanner

Gemilang Infrastruktur Indonesia, Bangun Bendungan Karian yang Terbesar dan Diklaim Juara Ketiga Terbesar di Tanah Air?

Gemilang Infrastruktur Indonesia, Bangun Bendungan Karian yang Terbesar dan Diklaim Juara Ketiga Terbesar di Tanah Air?

14 Desa Tenggelam! Bendungan Jawa Barat Rumahnya Sungai Terpanjang, Ada yang Tahu Apa Nama Damnya?-UNPLASH-

Air baku tersebut akan dialirkan melalui Intake Karian sebesar 5.5 meter kubik per detik untuk kebutuhan Kota Cilegon dan Kabupaten Serang, serta melalui Intake Ciuyah sebesar 9.1 meter kubik per detik untuk wilayah Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan sebagian daerah Provinsi DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Bendungan Karian juga memiliki peran dalam mengurangi risiko banjir di wilayah hilir bendungan dengan menyimpan air hingga mencapai 60.8 juta meter kubik.



Baca juga: 4 Kabupaten di Jawa Barat ini Bakal Dilepas Akibat Dinyatakan Layak untuk Membentuk Provinsi Baru, dengan Jarak 240 Km dari Bogor, Sudah Banyak Gedung Tinggi?

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Wisata di Pekalongan! 7 Destinasi Seru di Pekalongan, Jawa Tengah yang Wajib Kamu Coba!

Selain sebagai sumber air bersih, bendungan ini juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) dengan kapasitas 1.8 megawatt.





×

Dengan berbagai manfaatnya, rencananya Bendungan Karian akan dijadikan tempat rekreasi dan tujuan wisata yang menarik. Keseluruhan, manfaat multifungsi yang dimiliki oleh Bendungan Karian menjadi sebuah kontribusi yang berharga bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr