sunbanner

Potret Belanda Kecil Ada di Pemukiman di Jawa Tengah Berdiri di Tanah Seluas 31 Ha Ini Dulunya Bekas Pusat Perdagangan Negara-Negara Lain, Akan Disulap World Heritage City?

Potret Belanda Kecil Ada di Pemukiman di Jawa Tengah Berdiri di Tanah Seluas 31 Ha Ini Dulunya Bekas Pusat Perdagangan Negara-Negara Lain, Akan Disulap World Heritage City?

Potret Belanda Kecil Ada di Pemukiman di Jawa Tengah Berdiri di Tanah Seluas 31 Ha Ini Dulunya Bekas Pusat Perdagangan Negara-Negara Lain, Akan Disulap World Heritage City?-UNPLASH-

Pada abad ke-18 hingga ke-19, kawasan ini menjadi pusat perdagangan rempah-rempah yang ramai, di mana pedagang-pedagang Cina dan Arab menjual barang dagangan mereka.

Keunggulan lokasi kawasan ini, yang berdekatan dengan pelabuhan-pelabuhan yang ramai, menjadikannya sebagai pusat perdagangan yang vital.



Dari aktivitas perdagangan ini, kota tua tersebut menjadi tempat di mana berbagai budaya, seperti Cina, India, Arab, dan Eropa, saling berinteraksi dan berbaur.

Sebagai bagian dari sejarahnya, pada masa penjajahan, kawasan pemukiman ini dijadikan sebagai situs benteng oleh VOC.

Baca juga: Terbaru! 3 SMA dan SMK Terbaik di Indonesia Khusunya Kudus Versi Kemendikbud, Punya Eskul Banyak, Fasilitas Lengkap hingga Guru Kompeten?





×

Baca juga: 4 Kabupaten di Jawa Barat ini Bakal Dilepas Akibat Dinyatakan Layak untuk Membentuk Provinsi Baru, dengan Jarak 240 Km dari Bogor, Sudah Banyak Gedung Tinggi?

Kota Lama Semarang, yang meliputi kawasan seluas 31 hektar di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, telah menjadi saksi bisu dari jejak penjajahan Belanda di Indonesia.

Dengan lebih dari 50 bangunan kuno yang masih berdiri kokoh, kawasan ini sering dijuluki sebagai "Little Netherland" atau "Belanda Kecil" oleh para wisatawan.

Bangunan-bangunan bergaya Eropa yang masih berdiri teguh di kawasan Kota Lama Semarang ini menjadi bukti nyata akan kejayaan arsitektur Eropa pada abad ke-17.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr