sunbanner

5 Kota dan Kabupaten Tertua di Jawa Timur yang Membuat Anda Terperangah, Usia Lebih dari 12 Abad, Benarkah Malang Posisinya di Puncak?

5 Kota dan Kabupaten Tertua di Jawa Timur yang Membuat Anda Terperangah, Usia Lebih dari 12 Abad, Benarkah Malang Posisinya di Puncak?

5 Kota dan Kabupaten Tertua di Jawa Timur yang Membuat Anda Terperangah, Usia Lebih dari 12 Abad, Benarkah Malang Posisinya di Puncak?-(freepik.com/@jcomp)-

Sebagian besar daerah tua di Jawa Timur memiliki keterkaitan dengan sejarah kerajaan yang pernah berkuasa di Nusantara.

Oleh karena itu, pemukiman di daerah-daerah tersebut telah ada sejak zaman kuno, meskipun mungkin tidak seramai sekarang.



Salah satu contoh daerah yang sangat kuno adalah Malang, yang merupakan lokasi berdirinya Kerajaan Kanjuruhan pada abad ke-8.

Malang adalah salah satu dari lima daerah tertua di Jawa Timur, berdasarkan sejarah panjangnya yang telah tertulis.

Berikut adalah lima daerah tertua di Jawa Timur berdasarkan sejarah pendiriannya.





×

Baca juga: Boyolali Menyimpan 5 Nama Desa Terunik dan Dijamin Bikin Melongo, Apa Saja Desa Tersebut?

Baca juga: Warga Banten Belum Tau! Inilah Fungsi Bendungan Karian yang Sangat Populer di Lebak Banten, Cegah Banjir Bisa?

1. Malang

Kabupaten Malang, yang merupakan daerah tertua di Jawa Timur, didirikan pada tanggal 28 November 760 Masehi, bertepatan dengan era berdirinya Kerajaan Kanjuruhan. Dengan demikian, usianya telah mencapai 1.262 tahun.

2. Kediri

Peringatan hari jadi Kabupaten Kediri jatuh pada tanggal 25 Maret 804 Masehi. Saat ini, kabupaten ini telah berusia 1.219 tahun.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr