sunbanner

Bendungan Megah di Banten dengan Jarak Tempuh Lebih dari 1 Kilometer dari Serang, Jadi Landmark Pemerintahan Belanda?

Bendungan Megah di Banten dengan Jarak Tempuh Lebih dari 1 Kilometer dari Serang, Jadi Landmark Pemerintahan Belanda?

bendungan-TimHill/pixabay-

Dengan panjang saluran ratusan meter, bendungan ini mampu mengalirkan air ke lahan-lahan pertanian dengan efisiensi tinggi.

Sistem ini terdiri dari 10 pintu air, masing-masing dengan diameter pintu kurang lebih 10 meter. Keberadaan pintu-pintu air ini memungkinkan pengaturan aliran air sesuai kebutuhan, menjadikan bendungan ini sebagai salah satu prestasi teknik terbesar pada masanya.



Proyek pembangunan Bendungan Lama Pamarayan dimulai pada tahun 1905, dan usaha keras melibatkan banyak tangan hingga proyek ini selesai pada tahun 1925.

Baca juga: Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung dan Wacana Menciptakan Kota Metro Sebagai Potensi Calon Ibukota Lampung Tengah, Sudah Siap?

Baca juga: Warga Sambut Bahagia Pemekaran Cianjur! Cipanas Bakal Jadi Kabupaten Terbesar di Jawa Barat Jika Berhasil Terealisasi





×

Dalam kurun waktu dua puluh tahun tersebut, bendungan ini mengalami banyak perkembangan dan modifikasi guna memastikan keberhasilan program irigasi yang diusung.

Hingga saat ini, Bendungan Lama Pamarayan tetap menjadi simbol kemakmuran dan keindahan sejarah Banten.

Sementara teknologi telah berkembang pesat, bendungan ini tetap mengalirkan makna dan cerita yang melekat pada dirinya.

Dengan keindahan alam sekitarnya dan sejarah yang mempesona, Bendungan Lama Pamarayan merupakan tempat yang layak untuk dijelajahi dan dihargai oleh generasi masa kini.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr