sunbanner

Benteng Tua di Banten Berdiri Sejak Tahun 1682 Ada di Pamarican, Serba Dualitas dari Masa Lalu Hingga Kini! Sudutnya Punya Bastion

Benteng Tua di Banten Berdiri Sejak Tahun 1682 Ada di Pamarican, Serba Dualitas dari Masa Lalu Hingga Kini! Sudutnya Punya Bastion

Benteng Tua di Banten Berdiri Sejak Tahun 1682 Ada di Pamarican, Serba Dualitas dari Masa Lalu Hingga Kini! Sudutnya Punya Bastion-UNPLASH-

Meskipun zaman telah memakan sebagian besar keutuhan fisiknya, beberapa bagian dari benteng ini masih berdiri kokoh, menunjukkan kegagahan masa lalu.

Fungsi asli Benteng Speelwijk sangat jelas; sebagai alat pertahanan dan pemukiman. Parit yang mengelilingi bangunannya menjadi benteng pertahanan terhadap serangan dari luar.



Dengan 4 bastion, ruang jaga, jendela meriam, basement gudang, dan dermaga perahu, benteng ini mencerminkan kekuatan serta kejayaan masa lalu.

Baca juga: Mengungkap Keunikan 5 Kecamatan Dengan Jumlah Penduduk Beragam di Klaten, Daerah ini Jadi yang Teramai, Tebak Siapa?

Baca juga: Ini Dia Daftar SMP Terbaik dan Terkenal di Palembang yang Kerap Jadi Sasaran Pelajar, Favorit Kemendiknud?





×

Baca juga: Kaya Potensi Ecotourism, Yuk Kenalan Sama Kabupaten Baru di Kalimantan Tengah Hasil Pemekaran Wilayah Paling Fenomenal Sudah Sah Sejak 10 April?

Sebagai simbol kekuasaan Belanda, Benteng Speelwijk menjadi pusat kontrol atas aktivitas yang berkaitan dengan Kesultanan Banten, sementara juga memberikan perlindungan kepada orang-orang Belanda yang berada di wilayah tersebut.

Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Abu Nasr Abdul Kahar atau Sultan Haji, benteng ini menjadi saksi bisu dari rentang sejarah yang panjang dan kompleks di Banten.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr