sunbanner

2 Kabupaten Keluar dari Jawa Tengah dan Bergabung dengan Provinsi Baru! Presiden Resmi Sepakati Pemekaran Jateng?

2 Kabupaten Keluar dari Jawa Tengah dan Bergabung dengan Provinsi Baru! Presiden Resmi Sepakati Pemekaran Jateng?

Teluk Keramat Gak di Ajak? Penduduk Ramai di Kabupaten Sambas yang Huni 4 Kecamatan Ini, Tersembunyi di Balik Populasi Jumlah Warga yang Selalu MEMBELUDAK! Rumahmu Bukan?-Fritz_the_Cat/pixabay-

Keputusan ini diambil setelah mendapat persetujuan dari berbagai pihak di tingkat negara. Menolak keputusan ini bisa menimbulkan konflik yang lebih besar. Kabupaten-kabupaten mana yang dilepas dari Jawa Tengah untuk bergabung dengan provinsi baru?

Ternyata, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Klaten adalah dua kabupaten yang dilepas. Namun, tidak semua wilayah kabupaten dilepas.



Dalam dua kabupaten tersebut, ada wilayah yang ditetapkan menjadi bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang baru terbentuk.

Pelepasan ini disahkan melalui Undang-Undang Darurat Nomor 5 Tahun 1957, yang kemudian menjadi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1958. Penetapan tersebut dilakukan oleh Presiden Indonesia pada saat itu, Ir. Soekarno.

Baca juga: Berpetualang di Kota Hujan, Intip 5 Destinasi Wisata Menarik di Bogor untuk Santai Bareng Keluarga, Dijamin Harga Tiket Bersahabat dengan Kantong Anda!





×

Baca juga: Kuliner Ikonik Khas Purwakarta Siap Untuk Diburu, Dijamin Pasti Jadi Sensasi Baru Buat Lidah: Ada Browyeum dan Colenak Juga

Wilayah yang dimaksud termasuk Ngawen, Kota Gede, dan Imogiri. Ngawen semula merupakan bagian dari Kabupaten Wonogiri, sementara Kota Gede dan Imogiri berasal dari Kabupaten Klaten.

Saat ini, Ngawen menjadi bagian dari Kabupaten Gunungkidul, Kota Gede termasuk dalam wilayah Kota Yogyakarta, dan Imogiri menjadi bagian dari Kabupaten Bantul.

Sejarah ini terkait dengan Perjanjian Klaten pada tahun 1830 yang mengatur batas-batas antara Kesultanan dan Kasunanan.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr