sunbanner

Gak Banyak yang Tahu! Daerah Baru Ibu Kota Riau Ternyata Berasal dari Pemekaran Wilayah Lama!

Gak Banyak yang Tahu! Daerah Baru Ibu Kota Riau Ternyata Berasal dari Pemekaran Wilayah Lama!

Mengupas Arti Nama Bangka, Belitung hingga Pangkalpinang! BERANGKAT Dari Singkatan hingga Maknanya, Sini Kita Gali Lebih Dalam!-redaksipanteu/pixabay-

Setelah kemerdekaan Indonesia, Gubernur Provinsi Sumatera memutuskan untuk memekarkan wilayah tersebut menjadi daerah otonom dengan status kotapraja.

Keputusan ini diresmikan melalui Ketetapan Gubernur Sumatera pada tanggal 7 Mei 1946 Nomor 103. Barulah pada tanggal 9 Agustus 1957, wilayah ini dimasukkan ke dalam wilayah Riau yang saat itu baru saja menjadi provinsi sendiri.



Baca juga: Kota Termiskin di Sumatera Utara! Ratusan Ribu Warga Tapi Kekayaan Alamnya Melimpah Ruah

Baca juga: Rencana Terwujud? Sumatera Selatan Melahirkan 2 Kabupaten dan 1 Kota Menjadi Provinsi Mandiri, Jaraknya 2 Jam dari Palembang?

Baca juga: Definisi Hidden Gem di Tengah Sawah, Warung Makan di Kabupaten Magetan Nekat Jualan, Emang Ada yang Mau Beli?





×

Nama ibu kota provinsi ini adalah Pekanbaru, yang kini telah menjadi pusat administrasi dan ekonomi Riau. Sebelumnya, seperti yang dilansir oleh laman kepriprov.go.id, ibu kota Riau berada di Tanjungpinang.

Namun, dengan pemekaran wilayah dan pembentukan provinsi baru, ibu kota akhirnya dipindahkan ke Pekanbaru.

Keputusan ini ditetapkan pada tanggal 20 Januari 1959 melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor Desember 52/I/44-25.

Sejak saat itu, Pekanbaru mengalami perkembangan pesat dan menjadi pusat perekonomian yang penting. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi pusat perdagangan utama di Pulau Sumatera.

Inilah cerita menarik tentang perpindahan ibu kota Riau, dari Tanjungpinang ke wilayah yang seluas 638,33 kilometer persegi.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr