sunbanner

Wilayah Mandiri! 2 Kabupaten Dipisahkan dari Jawa Tengah, Bergabung dengan Provinsi Baru, Pusat Pemerintahan yang Terletak 1 Jam dari Semarang, Begini Ulasannya!

Wilayah Mandiri! 2 Kabupaten Dipisahkan dari Jawa Tengah, Bergabung dengan Provinsi Baru, Pusat Pemerintahan yang Terletak 1 Jam dari Semarang, Begini Ulasannya!

desa-dimaswijaya550/pixabay-

Perubahan ini juga memberikan sentuhan pada peta administratif DIY yang baru terbentuk. Ngawen, yang dulunya bagian dari Kabupaten Wonogiri, kini menjadi bagian dari Kabupaten Gunungkidul.

Kota Gede bermetamorfosis menjadi bagian dari Kota Yogyakarta, sementara Imogiri kini terikat dengan Kabupaten Bantul.



Baca juga: Misteri Pemekaran NTB Apakah Ibu Kota Akan Berganti? Fakta Menarik Di Balik Calon Provinsi Baru!

Baca juga: Kota Termiskin di Sumatera Utara! Ratusan Ribu Warga Tapi Kekayaan Alamnya Melimpah Ruah

Baca juga: Rencana Terwujud? Sumatera Selatan Melahirkan 2 Kabupaten dan 1 Kota Menjadi Provinsi Mandiri, Jaraknya 2 Jam dari Palembang?





×

Perjanjian Klaten pada 1830 menjadi pemicu awal dari perubahan ini. Dalam perjanjian tersebut, tercatat dengan jelas penyerahan sejumlah wilayah, termasuk Bawen, Kota Gede, dan Imogiri, ke Kesultanan Surakarta.

Sejarah ini, meskipun kadang terlupakan, membawa makna yang dalam bagi masyarakat Jawa Tengah.

Memahami perjalanan provinsi ini memberikan wawasan yang berharga tentang dinamika wilayah dan kebijakan yang telah membentuk identitasnya hingga saat ini.

***

Editor: Septiana
TAG: #pemekaran wilayah #daerah #kecamatan #kabupaten #desa #dusun #bentuk otonomi baru #rencana pemekaran #isu pemekaran
Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr