sunbanner

Apa Kabar Sumatera Utara? Isu Pemekaran, 6 Kabupaten Berencana Merdeka dan Kota Kecil Jadi Tumpuan!

Apa Kabar Sumatera Utara? Isu Pemekaran, 6 Kabupaten Berencana Merdeka dan Kota Kecil Jadi Tumpuan!

Pemekaran Sulsel, Di Balik Bugis Timur dan Luwu Raya, Terungkap Rahasia 2 Kabupaten Calon DOB, Siapa yang Bakal Tinggal di Wolayah Baru Tersebut?--

Banyak yang berpendapat bahwa lokasi ibu kota Sumatera Utara yang terletak di bagian utara provinsi kurang strategis, sehingga daerah lainnya kurang mendapat perhatian yang layak. Namun, pembentukan provinsi baru dari hasil pemekaran Sumatera Utara bukanlah sekadar wacana belaka.

Perjuangan untuk membentuk provinsi baru sudah dimulai sejak tahun 2002, dan pada tahun 2014, ketua komite pembentukan provinsi baru telah menyerahkan berkas usulan kepada Gubernur Sumut.



Bahkan, Gubernur Sumatera Utara saat itu, H. Gatot Pujo Nugroho, menyatakan akan mengkoordinasikan usulan tersebut dengan DPRD.

Baca juga: Tempat Makan Ini Ada di Tengah Sawah dan Nekat Berjualan Hingga Jam 12 Malam, Yakin Pembelinya Manusia? Warung Mie Ayam & Bakso Kampir Menyimpan Pesona Tersendiri

Baca juga: Luas Banget! Simak 5 Daerah Terluas di Sulawesi Selatan yang Siap Menjadi Destinasi Terbaik untuk Pelancong, Pesan Tiket Sekarang!





×

Berkas usulan tersebut telah dilengkapi dengan kajian akademik, dan nama yang diusulkan untuk provinsi baru hasil pemekaran Sumatera Utara adalah Provinsi Sumatera Timur. Provinsi Sumatera Timur sendiri pernah eksis dari tahun 1870 hingga 1930.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr