sunbanner

Terkuak! Daftar Daerah Paling Sejahtera di Kalsel Ini Jadi Wilayah Terkaya, Kenapa Tanah Bumbu Jadi Primadona dengan IPM 71,79?

Terkuak! Daftar Daerah Paling Sejahtera di Kalsel Ini Jadi Wilayah Terkaya, Kenapa Tanah Bumbu Jadi Primadona dengan IPM 71,79?

Breaking News! Jayawijaya Guncang Kabupaten Baru di Papua Resmi Dilaunching, Apakah Ini Jawaban Atasi Ancaman Kelaparan?-unplash-

Di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi garda terdepan dalam merilis data IPM setiap tahunnya. Hal ini tidak lain untuk mengukur kemajuan suatu daerah seiring berjalannya waktu.

Pengukuran IPM sebuah wilayah, termasuk kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan, didasarkan pada tiga dimensi utama: harapan hidup yang panjang dan kesehatan yang baik, tingkat pengetahuan, serta standar hidup yang layak.



IPM sendiri dikelompokkan ke dalam empat kategori berdasarkan nilai yang diperoleh. Jika nilai IPM melebihi 80, maka wilayah tersebut masuk ke dalam kategori sangat tinggi. Rentang 70 hingga 80 termasuk dalam kategori tinggi.

Baca juga: Jangan Berisik! 5 Kecamatan di Tegal Ini Dianggap yang Paling Ramai Sampai Katanya Bikin Sesak Nafas, Siapa yang Paling Banyak Penduduk?

Baca juga: Rekomendasi Untuk Masa Depan! 5 Desa Tersepi di Tulungagung Jawa Timur yang Sepi Penduduk





×

Baca juga: Peta Kemiskinan SUMATERA UTARA, Cek 3 Kabupaten Kota Terendah Menurut Data BPS, Apakah Wilayah Anda Termasuk?

Antara 60 hingga 70, wilayah tersebut dianggap memiliki IPM sedang, sementara di bawah 60 masuk dalam kategori rendah.

Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2022, IPM Indonesia secara keseluruhan mencapai 72.91, menunjukkan pencapaian yang membanggakan dalam hal pembangunan manusia di tingkat nasional.

Bagaimana dengan kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan? Mari kita lihat IPM kabupaten dan kota beserta kategorinya menurut data yang dirilis oleh BPS.

daftar ada pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr