sunbanner

Seluas Palestina? Alasan 4 Kabupaten Sulawesi Utara Berkeinginan Lepas dari NKRI! Sempat Deklarasi pada 25 September Ngaku Ingin Merdeka?

Seluas Palestina? Alasan 4 Kabupaten Sulawesi Utara Berkeinginan Lepas dari NKRI! Sempat Deklarasi pada 25 September Ngaku Ingin Merdeka?

Seluas Palestina? Alasan 4 Kabupaten Sulawesi Utara Berkeinginan Lepas dari NKRI! Sempat Deklarasi pada 25 September Ngaku Ingin Merdeka?-PEXEL-

Gerakan yang dikenal sebagai Minahasa Merdeka memiliki tujuan untuk memisahkan diri dari NKRI. Ada empat kabupaten yang diinginkan untuk menjadi negara terpisah, yaitu Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, dan Minahasa Tenggara.

Jika digabungkan, luas wilayah tersebut hampir setara dengan Palestina, mencapai 4.333,79 km2, sedangkan Palestina mencapai 6.020 km2.



Meskipun reda setelah periode itu, gerakan tersebut kembali muncul di media sosial pada tahun 2017. Pada saat itu, Minahasa Merdeka menuntut pemerintah untuk mengadakan referendum serupa dengan yang dilakukan di Timor Leste.

Baca juga: Primadona Mie Ayam Alun-alun Wonosobo Terkenal Jadi Rekomendasi Wisatawan? Rasanya Tiada Tanding, Harga Ramah di Kantong Muda Mudi

Baca juga: Samarinda Minggir Dulu, Ternyata Ini Kota Paling Ramai di Kalimantan Timur, Dengan Kepadatan Penduduk Tinggi, Ada Apa di Sana?





×

“Hal ini agar isu itu tidak menular ke wilayah lain, dan menjadi gerakan yang masif,” katanya.

Menurut Ketua Komisi DPR RI pada saat itu, Kharis Almasyhari, hal tersebut dapat mengancam kesatuan NKRI.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan bertindak tegas terhadap kelompok yang ingin merdeka di Sulawesi Utara, agar isu ini tidak menyebar dan menjadi gerakan yang masif.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr