sunbanner

Gempar! Kalimantan Timur Geger Pemekaran, Ada 4 Kabupaten dan 1 Kota yang Siap Lepas dan Dirikan Provinsi Baru Luasnya Seperti Panama?

Gempar! Kalimantan Timur Geger Pemekaran, Ada 4 Kabupaten dan 1 Kota yang Siap Lepas dan Dirikan Provinsi Baru Luasnya Seperti Panama?

Kejutan! Kabupaten Baru Muncul di Kalimantan Timur: Seluk Beluk Wilayah Luas 15.315 Km² yang Bikin Tergidik! Resmi Disahkan?-PEXEL-

Satu kota dan empat kabupaten yang sebelumnya menjadi bagian dari Kalimantan Timur resmi membentuk Provinsi Kalimantan Utara pada 16 November 2012.

Meskipun telah dibentuk pada tanggal 16 November 2012, Provinsi Kalimantan Utara baru disahkan pada 17 November 2012.



Menteri Dalam Negeri saat itu, Gamawan Fauzi, melantik Gubernur pertama Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, pada April 2013.

Baca juga: Serba Diskon Awal Bulan! 3 Mall Termega di Bandar Lampung yang Wajib Dikunjungi Warga, Bikin Mata Tak Bisa Berkedip Saking Mewahnya

Baca juga: Bukan Bulungan, Ini Daftar 3 Daerah dengan Penduduk Miskin Terbanyak di Wilayah Kalimantan Utara, Apakah Wilayah Anda Termasuk?





×

Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi termuda di Indonesia sebelum adanya pemekaran wilayah di Provinsi Papua.

Hingga kini, Provinsi Kalimantan Utara masih terdiri dari satu kota, yaitu Kota Tarakan, dan empat kabupaten:

Bulungan, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung, dengan ibukota provinsi dan pusat pemerintahan berada di Kabupaten Bulungan.

Berdasarkan data BPS tahun 2022, populasi penduduk Kalimantan Utara mencapai 727,8 ribu jiwa, dengan Kota Tarakan menjadi daerah terpadat yang paling banyak penduduknya.

Dengan demikian, Provinsi Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi yang memiliki sejarah dan keunikan tersendiri, serta memiliki luas wilayah yang sebanding dengan negara Panama di Amerika Tengah.**

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr