sunbanner

Terkenal dengan Kebersihannya! Simak 5 Kota Terbersih di Provinsi Sumatra Barat, Dan Tebakanmu Benar, Peringkat Satu Ditempati oleh Wilayah Apa?

Terkenal dengan Kebersihannya! Simak 5 Kota Terbersih di Provinsi Sumatra Barat, Dan Tebakanmu Benar, Peringkat Satu Ditempati oleh Wilayah Apa?

Batusangkar--

Sumatra Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Sumatera Barat merupakan provinsi dengan Ibu kota Padang. Terkenal dengan provinsi yang daerahnya banyak terdapat etnis Minang, tidak heran jika warga Sumbar banyak dipercaya sebagai wilayah yang menghasilkan cendekiawan. 



Provinsi Sumatra Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Banyak wisata unggulan yang berada di Sumbar hingga terkenal di seluruh Indonesia. Namun tahukan kamu, bahwa ada beberapa daerah yang terkenal paling bersih di Sumatera Barat.

1. Lubuk Basung





×

Lubuk Basung adalah sebuah kota berstatus kecamatan yang menjadi nama ibu kota dari Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Luas wilayahnya 33,226 Ha, atau sekitar 6,33% dari luas Kabupaten Agam.

Lubuk Basung menerima penghargaan Adipura 2023 dengan kategori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) RI.

2. Batusangkar

Batusangkar adalah sebuah kota yang terletak di dalam wilayah pemerintahan kabupaten tanah datar, yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Datar.

Batusangkar juga meraih penghargaan Adipura kategori kota kecil. Penghargaan Adipura 2023 ini menjadi Piala Adipura keenam kalinya untuk Batusangkar.

3. Sawahlunto

Sawahlunto adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatra Barat. Kota Sawahlunto memiliki luas 273,45 km² yang terdiri dari 4 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 66.962 jiwa di tahun 2021.

Lanjutan no 3 sampai no 5 ada di halaman selanjutnya

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr