sunbanner

Dihadapi Pilihan Perpisahan! Sulawesi Utara Berencana Pemekaran, Apakah Manado Akan Lepaskan Diri dan Menjadi Provinsi Baru?

Dihadapi Pilihan Perpisahan! Sulawesi Utara Berencana Pemekaran, Apakah Manado Akan Lepaskan Diri dan Menjadi Provinsi Baru?

Manado--

Posisinya yang strategis di wilayah kepulauan akan memudahkan akses dan koordinasi antara kabupaten dan kota yang akan tergabung dalam provinsi baru ini.

Provinsi Bolaang Mongondow Raya

Provinsi kedua yang diusulkan untuk dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Utara adalah Provinsi Bolaang Mongondow Raya. Rencananya, Provinsi ini akan mencakup lima Kabupaten atau Kota, yaitu:

  1. Kabupaten Bolaang Mongondow
  2. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
  3. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
  4. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
  5. Kota Kotamobagu.


Kota Kotamobagu dipilih sebagai ibu kota Provinsi Bolaang Mongondow Raya, sebuah langkah yang dapat mendukung perkembangan wilayah ini.

Sejauh ini, perpecahan Provinsi Sulawesi Utara menjadi dua provinsi baru masih dalam tahap wacana. Pemekaran provinsi memerlukan proses panjang dan persetujuan dari pemerintah pusat sebelum dapat diwujudkan.

Kami akan terus memantau perkembangan rencana ini dan memberikan informasi lebih lanjut saat ada perkembangan lebih lanjut mengenai isu ini.





×

***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr