sunbanner

Ini Alasan Kenapa Mitsubishi memilih Thailand Sebagai Negara Pertama Peluncuran Xpander Hybrid

Ini Alasan Kenapa Mitsubishi memilih Thailand Sebagai Negara Pertama Peluncuran Xpander Hybrid

--

OTOMOTIF1.com - Sebagai produk yang bersaing di kelas low multi purpose vehicle (LMPV), Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil keluarga yang banyak diburu dalam kondisi baru ataupun bekas.

Kehadiran Mitsubishi Xpander dengan tampilan sporty benar-benar menjadi games changer pada produk lain di kelasnya.



Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil keluarga yang banyak diburu dalam kondisi baru ataupun bekas. Tampilan sporty memberikan warna baru pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Pada 1 Februari 2024 Mitsubishi berencana meluncurkan Xpander dan Xpander Cross hybrid di Thailand, dan Indonesia menyusul di waktu berbeda. Artinya nanti masyarakat bakal punya banyak pilihan.





×

Sebagai informasi, Indonesia sebetulnya menjadi negara pertama yang memproduksi dan meluncurkan Xpander pada 2017. Namun, untuk Xpander hybrid, Mitsubishi Motor Corp lebih menunjuk Thailand dibandingkan Indonesia.

Keputusan Mitsubishi motor Corporation (MMC) yang memililih Thailand sebagai egara pertama yang medapatkan Mitsubishi Xpader Hybrid ketimbang Indonesia ternyata ini alasannya.

Menurut keerangan Katsuo Nakamura selaku Executive Vice President Mitsubishi Motors Company (MMC) eberapa waktu lalu, Thailand menjadi negara pertama yang mendapat Xpander Hybrid karena insentif dari pemerintah di sana sangat besar.

"Hal tulah yang membuat harga Xpander Hybrid di Thailand bisa lebih murah, karena ada insentif di negara tersebut. Harga retailnya bisa sama dengan mobil mesin bensin," jelasya.

Lebih lanjut Nagao menambahkan, meski Indonesia tidak menjadi negara yang memproduksi Xpander Hybrid, namun Mitsubishi sangat mempertimbangkan Indonesia juga bisa mendapatkan mobil tersebut.

MMC melihat Indonesia dan Thailand adalah pasar terbesar Mitsubishi di Asia Tenggara. Untuk itu, lanjut Nagaoka, MMC akan selalu melihat potensi-potensi yang ada di Indonesia, dalam hal memperkenalkan, menjual dan memproduksi sebuah kendaraan.

Kehadiran Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross HEV di Thailnd menggunakan mesin baru. Jika sebelumnya menggunakan mesin 1.500 cc, kini versi hybrid-nya memanfaatkan mesin 1.600 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai.


||

Dikutip Otomotf1 dari Autolife Thailand, mesin bensin 1.6 liter MIVEC itu memiliki tenaga maksimal 95 daya kuda dengan torsi maksimal 134 Nm. Total tenaga gabungan mesin dan motor listriknya mencapai 116 daya kuda dengan torsi maksimal 255 Nm.

Mesin MIVEC4 16-katup 1,6 L DOHC yang baru dikembangkan mengadopsi siklus rasio ekspansi tinggi (siklus Atkinson) untuk mencapai tingkat efisiensi pembakaran yang lebih tinggi. Mesin itu juga menggunakan water pump elektrik yang pertama kali digunakan Mitsubishi Motors untuk mengurangi mechanical loss.

Mennurut yang di infokan Mitsubishi menyebut, konsumsi bahan bakar lebih efisien sekitar 34 persen saat berkendara di perkotaan dalam prosedur pengujian New European Driving Cycle (NEDC) dan sekitar 15 persen saat berkendara rute kombinasi.

elain itu, Mitsubishi mengklaim sistem hybrid baru ini menghadirkan akselerasi yang mulus, tapi bertenaga dengan respons yang baik yang merupakan ciri khas kendaraan listrik. Generator dan motor 85 kW dipadukan dengan mesin bensin 1.600 cc, bersama dengan baterai penggerak khusus yang dikembangkan khusus untuk model ini.

Berkat motor listrik bertenaga dan keluaran baterai, torsi 255 Nm mengalir deras saat start. Akselerasinya memiliki respon yang baik saat pengemudi menginjak pedal.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr