sunbanner

Jaraknya 133 Km dari Surabaya, Kabupaten Ini Bakal Jadi Ibukota Baru Jawa Timur, Lebih Berpotensi Mengalahkan Mojokerto dan Kediri

Jaraknya 133 Km dari Surabaya, Kabupaten Ini Bakal Jadi Ibukota Baru Jawa Timur, Lebih Berpotensi Mengalahkan Mojokerto dan Kediri

Kota Malang--

Kabupaten ini memiliki luas wilayah yang mencapai 3.530,65 km2 dan dihuni oleh lebih dari 2.654.448 jiwa penduduk.

Wilayah kabupaten ini terdiri dari 33 kecamatan dan 12 kelurahan yang diatur oleh satu pemerintahan daerah.



Potensi yang dimiliki oleh kabupaten ini menjadikannya pilihan yang menarik untuk dijadikan ibu kota baru.

Isu mengenai penggantian Surabaya sebagai ibu kota baru Jawa Timur ini berasal dari Prof. Dr. Ir. Suprapto, Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

Usulan ini pertama kali diungkapkan oleh Prof. Suprapto saat peresmian Monumen Gatel ITN Malang, kampus kedua di kabupaten tersebut.





×

Beliau menjelaskan bahwa kabupaten Malang memiliki potensi yang menarik untuk menjadi ibu kota baru, terutama karena jumlah mahasiswa di sana yang jauh lebih banyak daripada Surabaya.

Mengapa kabupaten Malang menjadi kandidat yang menjanjikan? Salah satu alasan utamanya adalah pertumbuhan populasi yang signifikan di kabupaten ini.

Selain itu, potensi pembangunan infrastruktur yang luas, lokasi strategis yang dekat dengan Surabaya, serta keberadaan lembaga pendidikan tinggi ternama di sana, semuanya berkontribusi pada kesuksesan kabupaten Malang sebagai ibu kota baru.

Apabila kabupaten Malang terpilih sebagai ibu kota Jawa Timur, maka akan ada banyak manfaat yang dihasilkan.

Pembangunan akan semakin merata di wilayah ini, menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan investasi, dan mengembangkan sektor pariwisata.

Selain itu, perpindahan ibu kota juga akan membantu mengurangi beban populasi dan meningkatkan kualitas hidup di Surabaya.

Namun, masih banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum keputusan akhir diambil.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr