sunbanner

Pecahnya Bandung Jadi 2 Daerah! Kabupaten Baru Seluas 1.305,77 Km2 Diresmikan Kemendagri Sejak 2 Januari! Kenapa Pilih Lokasi dan Wilayah Tersebut? Cekidot

Pecahnya Bandung Jadi 2 Daerah! Kabupaten Baru Seluas 1.305,77 Km2 Diresmikan Kemendagri Sejak 2 Januari! Kenapa Pilih Lokasi dan Wilayah Tersebut? Cekidot

Kejutan Luar Biasa! Kabupaten di Sulawesi Tenggara Pecah, Lahirkan Daerah Baru yang Megah Seluas 5.779 Km2 Dihuni Warga-warga Ini-pexel-

Informasi tersebut dapat ditemukan dalam data pemekaran wilayah Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemendagri dari tahun 1999 hingga tahun 2014.

Kabupaten Bandung Barat adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat dengan ibu kota berada di Kecamatan Ngamprah.



Luas wilayah kabupaten ini mencapai 1.305,77 kilometer persegi, terdiri dari 16 kecamatan dan 165 desa, serta dihuni oleh sekitar 1.649.811 jiwa penduduk.

Sebelum dimekarkan, Kabupaten Bandung Barat merupakan bagian dari Kabupaten Bandung.

Baca juga: Yakin Gak Mau Jadi Mojang Sunda? Berikut 5 Daerah Tersepi di Jawa Barat, Paling Sedikit Hanya 405.331 Jiwa.





×

Baca juga: Liburan di Sekitar Rawa Pening Ternyata Tak Kalah Menarik, Berikut 5 Tempat Rekomendasinya: Ada Cimory Valley

Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Bandung, Sumedang, dan Kota Cimahi.

Di selatan, Kabupaten Bandung Barat berbatasan dengan Kota Bandung, sedangkan di barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Wacana mengenai pemekaran wilayah ini sudah muncul sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 30 Tahun 1990.

Surat tersebut merumuskan Pola Induk Pengembangan Wilayah Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat dalam jangka panjang (25-30), yang mencakup Rencana Penataan Daerah Tingkat I di Jawa Barat dari 24 menjadi 42 Daerah Tingkat II.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr