sunbanner

Terungkap! Kabupaten Manggarai Kini Terbagi 2 Daerah Baru dengan Luas 2.000 KM2, Provinsi NTT Resmi Dimekarkan dan Rubah Wajah Baru!

Terungkap! Kabupaten Manggarai Kini Terbagi 2 Daerah Baru dengan Luas 2.000 KM2, Provinsi NTT Resmi Dimekarkan dan Rubah Wajah Baru!

Terungkap! Kabupaten Manggarai Kini Terbagi 2 Daerah Baru dengan Luas 2.000 KM2, Provinsi NTT Resmi Dimekarkan dan Rubah Wajah Baru!-anniiikaa/pixabay-

Kabupaten Manggarai Barat, yang memiliki Labuan Bajo sebagai ibukota kabupaten, merupakan sebuah daerah otonom yang signifikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Didirikan secara resmi pada tanggal 25 Februari 2003, kabupaten ini diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2003.



Luas wilayah otonom ini mencapai 2397,03 kilometer persegi. Secara geografis, Kabupaten Manggarai Barat berbatasan langsung dengan Kabupaten Manggarai, daerah asalnya.

Baca juga: 5 Nama Desa Unik di Situbondo, Nomor 3 Terinspirasi Dari Benda yang Bikin Tidur Nyenyak

Baca juga: Warganya Belum Pada Tau! Papua Segera Tercerai-Berai Usai Usulan Pemekaran Disetujui Mendagri yang Mengorbankan Kabupaten Paniai





×

Sementara itu, Kabupaten Manggarai Timur memiliki Borong sebagai ibukota kabupaten, dan wilayah ini dianggap memiliki potensi yang besar di kalangan penduduk Nusa Tenggara Timur.

Pendirian Kabupaten Manggarai Timur disahkan melalui Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2007 pada tanggal 10 Agustus 2007.

Luas wilayahnya mencapai 2642,93 kilometer persegi. Selain berbatasan dengan Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur juga berbatasan dengan Kabupaten Ngada.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr