sunbanner

Luasnya Hanya 38 Km2, Kota Kecil di Jawa Tengah Ini Siap Jadi Pusat Provinsi Jasela yang Terletak 238 Km dari Surakarta

Luasnya Hanya 38 Km2, Kota Kecil di Jawa Tengah Ini Siap Jadi Pusat Provinsi Jasela yang Terletak 238 Km dari Surakarta

Purwokerto - Banyumas--

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2022, jumlah penduduk Jawa Tengah mencapai 37.032.410 jiwa.

Angka tersebut menjadikan provinsi ini memiliki jumlah penduduk terbanyak ketiga di Pulau Jawa. Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh provinsi dengan penduduk yang padat dan luas wilayah yang luas, pemekaran wilayah dinilai sebagai solusi yang ideal.



Sebagai langkah konkret, telah muncul usulan agar sebuah kota kecil yang terletak sejauh 238 kilometer dari Surakarta menjadi ibukota provinsi baru. Kota tersebut disebut sebagai "kota kecil" karena luas wilayahnya hanya sebesar 38,58 kilometer persegi.

Dengan terwujudnya usulan ini, provinsi baru hasil pemekaran Jawa Tengah diharapkan akan diberi nama Jasela (Jawa Selatan).

Provinsi Jasela telah dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan potensi daerah dan memaksimalkan pembangunan yang telah ada.





×

Keputusan ini dianggap sebagai langkah yang ideal mengingat luasnya wilayah Jawa Tengah yang menyebabkan pembangunan di daerah pinggiran tidak mencapai potensinya secara maksimal.

Salah satu pihak yang mengusulkan pembentukan Provinsi Jasela adalah Abdul Kholik, anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Usulan ini diungkapkannya saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Simak pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr