sunbanner

3 Daerah Ini Pilih Memisahkan Diri dari Banten dan Akan Bergabung dengan Provinsi Baru, Bakal Gabung Kakarta Atau Kota Lain? Cek Informasi Terbaru Wacana Pemekaran

3 Daerah Ini Pilih Memisahkan Diri dari Banten dan Akan Bergabung dengan Provinsi Baru, Bakal Gabung Kakarta Atau Kota Lain? Cek Informasi Terbaru Wacana Pemekaran

Tangerang--

Diharapkan bahwa bergabungnya tiga daerah dari Banten ini akan membentuk Provinsi Jakarta Raya.

Namun, terlihat bahwa merealisasikan hal ini tidak akan mudah karena terdapat banyak faktor yang menghambat proses tersebut.



Salah satu faktor penghambat tersebut adalah adanya potensi pembentukan Provinsi Tangerang Raya yang sedang digagas oleh beberapa pihak.

Keberadaan potensi ini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan usulan bergabungnya tiga daerah tersebut dengan Jakarta.

Oleh karena itu, diperlukan pembicaraan lebih lanjut guna mencari jalan terbaik dalam menangani berbagai wacana yang ada.





×

Dilansir dari laman banten.bps.go.id, berikut ini merupakan profil tiga daerah yang diusulkan untuk bergabung dengan Jakarta jika terlepas dari Banten:

1. Kota Tangerang

  • Luas Wilayah: 153,93 km2
  • Jumlah Penduduk: 1.930.556 jiwa

2. Kabupaten Tangerang

  • Luas Wilayah: 1.011,86 km2
  • Jumlah Penduduk: 3.352.472 jiwa

3. Kota Tangerang Selatan

  • Luas Wilayah: 147,18 km2
  • Jumlah Penduduk: 1.378.466 jiwa

Itulah tiga daerah yang diusulkan untuk bergabung dengan Jakarta dalam rangka membentuk provinsi baru, jika daerah-daerah tersebut terlepas dari Banten.

Namun, saat ini usulan tersebut masih berada dalam tahap wacana. Kita akan menunggu dan melihat apakah kelak usulan tersebut benar-benar akan terwujud atau tidak.***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr