sunbanner

Jawa Barat Pertimbangkan Pemindahan Ibu Kota dari Bandung, Daerah Pinggiran Ini Bakal Jadi Calonnya,Benarkah Akibat Pembangunan yang Kurang Merata?

Jawa Barat Pertimbangkan Pemindahan Ibu Kota dari Bandung, Daerah Pinggiran Ini Bakal Jadi Calonnya,Benarkah Akibat Pembangunan yang Kurang Merata?

Bandung--

Selain itu, jumlah penduduknya juga merupakan yang terbesar di Pulau Jawa, mencapai 49.405.808 jiwa.

Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar, tentu pemerintah provinsi memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.



Salah satu permasalahan yang sering ditemui adalah kesenjangan ekonomi antara daerah-daerah yang jauh dari ibu kota provinsi.

Infrastruktur daerah-daerah pinggiran juga tidak optimal karena pembangunan yang terpusat di sekitar Bandung.

Akibatnya, ada sebuah daerah yang berjarak 135 km dari Bandung yang siap menginisiasi pembentukan provinsi baru.





×

Daerah ini diharapkan menjadi ibu kota dari provinsi baru yang akan dimekarkan dari Jawa Barat, dan diberi nama Cirebon Raya.

Namun, isu pembentukan Provinsi Cirebon Raya ini selalu menguap ketika masa pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Dalam artikel yang ditulis oleh Guru Besar Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Muradi, S.S., M.Si., M.Sc., Ph.D., disebutkan bahwa pemekaran wilayah bukanlah solusi instan untuk mengatasi ketimpangan pembangunan.

Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) akan membawa tantangan yang lebih berat bagi pemerintah daerah.

"Proses pembentukan Provinsi Cirebon harus dilihat secara komprehensif dan menyeluruh, tidak hanya menjawab permasalahan dengan memunculkan permasalahan baru," tulisnya.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr