sunbanner

Luasnya Hanya 38 Km2, Kota Kecil Berjarak 238 Km dari Surakarta Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Jasela, Cek Info Lengkapnya

Luasnya Hanya 38 Km2, Kota Kecil Berjarak 238 Km dari Surakarta Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Jasela, Cek Info Lengkapnya

Monumen Jenderal Gatot Subroto Purwokerto--

Ibukota Provinsi Jasela nantinya direncanakan akan berlokasi di Purwokerto, yang saat ini masih menjadi ibukota Kabupaten Banyumas.

Pemilihan Purwokerto sebagai ibukota baru dipertimbangkan karena kota ini memiliki fasilitas penunjang yang sangat memadai untuk menjabat sebagai pusat administrasi provinsi.



Namun, sebelum Purwokerto dapat menjadi ibukota Jasela, perlu dilakukan pemekaran wilayah untuk meningkatkan statusnya menjadi sebuah kota setingkat kabupaten.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh Jurnal Eko-Regional Unsoed yang berjudul "Potensi Daerah Purwokerto: Menakar Kesiapan Menjadi Kota Purwokerto", dijelaskan bahwa pemekaran ini sangat penting untuk mengoptimalkan potensi daerah.

Namun, terdapat satu hambatan yang muncul dalam wacana ini. Hambatan tersebut adalah potensi Banyumas yang dianggap belum memiliki kemampuan untuk berdiri sendiri sebagai entitas terpisah. Selama ini, perekonomian Banyumas sangat bergantung pada aktivitas masyarakat di Purwokerto.





×

Simak pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr