sunbanner

Banten Pindah Ibu Kota, Wilayah Kecil Ini Siap Gantikan Jadi Pusat Pemerintahan Baru Padahal Ibukota Lama Masih Berusia 15 Tahun

Banten Pindah Ibu Kota, Wilayah Kecil Ini Siap Gantikan Jadi Pusat Pemerintahan Baru Padahal Ibukota Lama Masih Berusia 15 Tahun

Wacana Pemekaran Kabupaten diTangerang Hebohkan Publik, Bentuk Kabupaten Baru di Provindi Banten, Bakal Ditaruh Dimana Wilayah dan Lokasinya?--

Hal ini menyebabkan banyak pihak mengusulkan agar ibu kota Banten dipindahkan dari Serang ke sebuah kota kecil yang berjarak 69 km dari Serang.

Sebagai informasi tambahan, Provinsi Banten memiliki sejarah yang kaya. Pada masa lalu, wilayah ini merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanegara.



Karena itu, kebudayaan di provinsi ini sangat berbeda dengan wilayah di Jawa Barat.

Pembentukan Provinsi Banten didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000 yang resmi ditetapkan pada 17 Oktober 2000.

Secara administratif, provinsi ini terdiri dari delapan wilayah, yaitu empat kabupaten dan empat kota.





×

Luas wilayahnya, menurut catatan resmi pemerintah, mencapai 9.352,77 km2.

Kota Serang, selain menjadi ibu kota, juga merupakan kota terbesar di Provinsi Banten dengan luas mencapai 265,79 km2.

Meski demikian, beberapa pihak berpendapat bahwa status Serang sebagai ibu kota masih memiliki kekurangan dari segi hukum.

Salah satu pegiat anti korupsi, Emerson Yuntho, mengungkapkan keraguan terhadap status Serang sebagai ibu kota provinsi melalui akun Twitter miliknya @emerson_yuntho.

Dia berpendapat bahwa Kota Serang tidak layak menjadi ibu kota provinsi dan bahkan ada yang keliru menganggap Serang hanya sebagai ibu kota kecamatan.

Kota Serang sendiri baru lahir pada tahun 2007 setelah pemekaran dari Kabupaten Serang.

Sejak saat itu, kota ini ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Banten.

Meski sudah 15 tahun berlalu, pembangunan di kota ini dianggap masih belum optimal.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, Hasan Basri, menyebut bahwa status ibu kota provinsi yang diberikan kepada Serang tidak didukung oleh regulasi yang jelas.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr