sunbanner

Arti 4 Nama Kabupaten yang Berasal dari Singkatan di Aceh, Termasuk Langsa dan Lhokseumawe

Arti 4 Nama Kabupaten yang Berasal dari Singkatan di Aceh, Termasuk Langsa dan Lhokseumawe

aceh-sangga-rima/unplash-

3. Kabupaten Gayo Lues

Kabupaten Gayo Lues memiliki penamaan yang menarik. Nama "Gayo" sebenarnya diadopsi dari bahasa Sanskerta yang memiliki makna "Gunung". Sedangkan, kata "Lues" memiliki makna "Luas" dalam bahasa setempat.

Dengan menggabungkan kedua kata tersebut, artinya menjadi "gunung luas" atau "pegunungan yang luas". Hal ini merujuk pada lokasi Kabupaten Gayo Lues yang terletak di gugusan bukit barisan yang memiliki wilayah pegunungan yang luas dan indah.

4. Kabupaten Bener Meriah



Kabupaten Bener Meriah juga memiliki asal-usul nama yang menarik. Nama "Bener Meriah" diambil dari nama salah seorang putra keturunan Raja Linge XIII di Gayo, yaitu Beuner Meuria.

Selain itu, terdapat juga pendapat yang menyatakan bahwa nama Bener Meriah merupakan penggabungan dua kata, yakni "Bener" dalam bahasa Gayo dan "Meriah" dalam bahasa Indonesia. Kata "Bener" memiliki arti "bagus", "senang", dan "indah", sedangkan "Meriah" memiliki arti "ramai", "besar", dan "mulia".

Dengan demikian, Kabupaten Bener Meriah memiliki makna sebagai dataran yang luas, indah, ramai, dan sejahtera. Nama ini menggambarkan keindahan alam dan kehidupan yang makmur di wilayah tersebut.***





×

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr