sunbanner

36 Liter per Detik! Mengintip Keajaiban Bendungan Terpanjang di Indonesia yang Membuat Sejarah dengan Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun, Lokasinya Dimana?

36 Liter per Detik! Mengintip Keajaiban Bendungan Terpanjang di Indonesia yang Membuat Sejarah dengan Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun, Lokasinya Dimana?

36 Liter per Detik! Mengintip Keajaiban Bendungan Terpanjang di Indonesia yang Membuat Sejarah dengan Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun, Lokasinya Dimana?-PEXEL-

Bendungan terbesar di seluruh Asia Tenggara ini ternyata mampu menyediakan air irigasi yang sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan pertanian seluas 1900 Hektar.

Kapasitas tampung air dalam bendungan ini mencapai angka 32,6 juta meter kubik, dengan luas genangan mencapai 365 Hektar.



Nah, apakah Anda mengetahui di mana letak persisnya bendungan ini, yang menjadi salah satu proyek pembangunan terbesar di Asia Tenggara?

Di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, terdapat sebuah bendungan yang memiliki prestasi sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara.

Baca juga: Keberadaan Nisannya Tak Diketahui, Inilah Sosok Tuan Tanah di Bogor yang Hartanya Gak Bakalan Habis Hingga 5 Turunan





×

Bendungan ini diberi nama Bendungan Semantok dan memiliki panjang mencapai 3.005 meter serta tinggi mencapai 34 meter.

Lokasinya strategis, berada di aliran sungai dan terletak di antara bukit-bukit yang melingkupi Sungai Semantok.

Pemilihan lokasi yang tepat ini memungkinkan bendungan untuk berfungsi secara optimal dalam mengendalikan aliran air.

Pembangunan Bendungan Semantok dilakukan dengan tujuan utama untuk meminimalisir risiko banjir, menjaga ketersediaan air saat musim hujan, serta mendistribusikan air ketika musim kemarau.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr