sunbanner

36 Liter per Detik! Mengintip Keajaiban Bendungan Terpanjang di Indonesia yang Membuat Sejarah dengan Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun, Lokasinya Dimana?

36 Liter per Detik! Mengintip Keajaiban Bendungan Terpanjang di Indonesia yang Membuat Sejarah dengan Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun, Lokasinya Dimana?

36 Liter per Detik! Mengintip Keajaiban Bendungan Terpanjang di Indonesia yang Membuat Sejarah dengan Biaya Fantastis Rp2,5 Triliun, Lokasinya Dimana?-PEXEL-

Baca juga: Bak di Negeri Konoha! 11 Kabupaten dan Kota ini Resmi Bergabung dangn Wilayah Baru du Maluku dengan Luas 6.723 Km² Sudah Sah Sejak 24 Juni

Baca juga: Arti 4 Nama Kabupaten yang Berasal dari Singkatan di Aceh, Termasuk Langsa dan Lhokseumawe



Baca juga: Bakal Terjadi Pemekaran? Ini Alasan 4 Kecamatan di Jember Berencana Keluar dan Bentuk Wilayah Sendiri!

Selain itu, bendungan ini juga memiliki manfaat lainnya, seperti menyediakan air irigasi untuk lahan seluas 1900 hektar. Keberadaannya sangat penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian di daerah sekitarnya.

Tidak hanya itu, Bendungan Semantok juga berperan dalam mereduksi risiko banjir hingga 30% dan menyediakan pasokan air baku sebesar 312 liter per detik.





×

Selain itu, bangunan bendungan ini juga mampu memelihara debit air sungai di hilir bendungan sebesar 36 liter per detik, menjaga keseimbangan aliran air yang melintasi daerah tersebut.

Dengan segala prestasi dan manfaat yang dimilikinya, Bendungan Semantok menjadi bangunan yang mengesankan di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Nganjuk.

Keberadaannya sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara menjadi bukti kemajuan dan kecanggihan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr