sunbanner

Perubahan Besar! Bangka Belitung Resmi Membentuk 4 Kabupaten Baru dalam Satu Langkah, Diresmikan 25 Februari! Hasilkan Daerah-daerah Ini!

Perubahan Besar! Bangka Belitung Resmi Membentuk 4 Kabupaten Baru dalam Satu Langkah, Diresmikan 25 Februari! Hasilkan Daerah-daerah Ini!

Simak Rencana Heboh 4 Kabupaten di Jawa Timur Siap Dijadikan Provinsi, Nama Destinasi Baru Terungkap!-unplash-

Pada 25 Februari tahun 2003, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 menetapkan pemekaran wilayah dengan penambahan empat kabupaten baru, yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur.

Pembentukan keempat Kabupaten Bangka tersebut bukan hanya untuk pengembangan wilayah provinsi, tetapi juga sebagai hasil dari aspirasi masyarakat serta upaya untuk mempercepat pembangunan daerah dan meningkatkan pelayanan publik.



Pasca pembentukan, administrasi pemerintahan mengalami penyesuaian dan perkembangan.

Setiap kabupaten memiliki keunggulan dan identitasnya sendiri.

Kabupaten Bangka Barat menawarkan berbagai jenis wisata, mulai dari sejarah, budaya, alam dengan nuansa bahari, kuliner, dan potensi lainnya. Semua ini memberikan daya tarik dan keunikannya sendiri yang mengundang para wisatawan untuk menikmati pengalaman di Kabupaten Bangka Barat.





×

Kabupaten Bangka Selatan memiliki posisi geografis yang strategis karena berada di sepanjang Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I).

Baca juga: Sssst...Rahasia Tempat Nongkrong Keren di Boyolali Terungkap! Cek Yuk 5 Kafe Populer di Selo, yang Keempat Punya Tempat Instagramable dan Estetik Parah!

Baca juga: Pernah Terjadi Pemekaran? Kabupaten Lampung Utara Punya 3 Kecamatan Penghasil Durian Terbanyak, Sungkai Utara Termasuk Salah Satunya?

Kabupaten Bangka Tengah, dengan topografi bergunung dan berbukit, memiliki sejumlah sungai yang mengalir di wilayahnya. Ada 31 sungai yang tersebar di enam kecamatan di kabupaten ini.

Kabupaten Belitung Timur, selain dikenal sebagai bekas wilayah pertambangan timah pada masa kolonial, juga terkenal karena menjadi latar cerita dalam novel dan film "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata, seorang tokoh asli dari Belitung Timur.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr