sunbanner

Mengupas Arti Nama Bangka, Belitung hingga Pangkalpinang! BERANGKAT Dari Singkatan hingga Maknanya, Sini Kita Gali Lebih Dalam!

Mengupas Arti Nama Bangka, Belitung hingga Pangkalpinang! BERANGKAT Dari Singkatan hingga Maknanya, Sini Kita Gali Lebih Dalam!

Mengupas Arti Nama Bangka, Belitung hingga Pangkalpinang! BERANGKAT Dari Singkatan hingga Maknanya, Sini Kita Gali Lebih Dalam!-redaksipanteu/pixabay-

1. Pangkalpinang

Pangkalpinang, sebuah kota yang menonjol sebagai ibukota dan pusat pemerintahan Provinsi Bangka Belitung, terletak dengan strategis di bagian timur Pulau Bangka.

Sebagai perbincangan yang telah diketahui sebelumnya, asal usul nama Pangkalpinang bersumber dari dua kata yang digabungkan secara harmonis.



Istilah "Pangkal" atau "Pengkal" dalam bahasa Melayu memiliki makna yang mengacu pada pusat atau titik awal suatu hal.

Sementara itu, "pinang" mengarah pada pohon pinang, sejenis palma yang ditemukan melimpah di kawasan Pasifik, Asia, dan Afrika bagian timur.

2. Belitung

Di sisi lain, Belitung, sebuah daerah unik di Provinsi Bangka Belitung, menyusul Pangkalpinang dalam hal keunikan namanya. Asal usul kata "Belitung" mengandung sejumlah interpretasi menarik.





×

Dalam salah satu versi, Belitung berasal dari kata "belitong", merujuk pada sejenis siput laut yang ditemui di wilayah tersebut.

Versi lain menegaskan bahwa "Belitung" merujuk pada "Billiton", sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera, dikelilingi oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr