sunbanner

Kabupaten yang Diusulkan sebagai Ibukota Provinsi Kapuas Raya, Berjarak 586 Km dari Pontianak! Apakah Pontianak Akan Tergeser dari Kalbar?

Kabupaten yang Diusulkan sebagai Ibukota Provinsi Kapuas Raya, Berjarak 586 Km dari Pontianak! Apakah Pontianak Akan Tergeser dari Kalbar?

Pontianak--

Rancangan pembentukan provinsi baru di Kalimantan Barat telah menjadi perbincangan dalam waktu yang cukup lama. Rencananya, Provinsi Kalimantan Barat akan dimekarkan menjadi Provinsi Kapuas Raya.

Hal ini terkait dengan luas wilayah Kalimantan Barat yang mencapai 147.307 km², menjadikannya sebagai provinsi dengan wilayah terluas ketiga setelah Kalimantan Tengah.



Pembentukan provinsi baru ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan yang lebih cepat dan efisien.

Dengan adanya provinsi baru, kewenangan pemerintah dapat tersalurkan secara merata sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat.

Namun, saat ini masih ada moratorium dari pemerintah pusat terkait dengan Undang-undang Pembentukan Provinsi baru.





×

Gubernur juga menjelaskan bahwa pemerintah provinsi telah menyiapkan lahan seluas 32 hektar untuk kompleks perkantoran sebagai persiapan untuk pembentukan Provinsi Kapuas Raya.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah mengenai lokasi ibu kota provinsi baru tersebut. Namun, lokasi yang tepat untuk ibu kota provinsi baru tersebut masih dalam penentuan dan menunggu persetujuan dari pemerintah pusat.

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., dalam sebuah acara seminar Forum Wartawan - LSM Kalbar, menyampaikan bahwa pemerintah provinsi telah mengajukan rencana pembentukan provinsi baru tersebut kepada pemerintah pusat.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr