sunbanner

Batam dan Bintan Kini Bersatu Bersatu! Jembatan Terpanjang di Riau untuk Melintasi Selat Malaka, dengan Panjang 15 Kilometer dan Biaya Pembangunan Sebesar 15 Triliun!

Batam dan Bintan Kini Bersatu Bersatu! Jembatan Terpanjang di Riau untuk Melintasi Selat Malaka, dengan Panjang 15 Kilometer dan Biaya Pembangunan Sebesar 15 Triliun!

Habiskan Rp14,74 Triliun! Jembatan Terpanjang di Indonesia Ada di KEPRI, Sambungkan Pulau Bintan hingga Pulau Tanjung Sauh, Tapi Ngutang Dulu?-PEXEL-

Rencananya, pemerintah bekerja sama dengan badan usaha kerjasama (KPBU) untuk merealisasikan proyek ini yang menjadi prioritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Investasi besar sebesar Rp14,74 triliun akan digelontorkan untuk membangun jembatan terpanjang ini.



Sumber pendanaan utamanya berasal dari pinjaman luar negeri, dengan pemerintah berhasil mendapatkan pinjaman sebesar Rp4,4 triliun dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Proyek ini tidak hanya diarahkan untuk membangun infrastruktur yang megah, tetapi juga untuk mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah Kepri.

Selain itu, jembatan ini diharapkan dapat mengurangi biaya logistik yang sering menjadi keluhan.





×

Proyek ambisius ini saat ini tengah memasuki tahap final business case (FBC) dan proses penandatanganan memorandum of understanding (MOU) antara PUPR dan Pemerintah Provinsi Kepri.

Setelah selesai dibangun, jembatan ini akan terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah jembatan sepanjang 7,68 kilometer, sementara bagian kedua adalah jalan tol sepanjang 7,06 kilometer.

Jembatan Batam-Bintan, begitu jembatan ini akan dinamakan, merupakan salah satu program dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi telah menetapkan Kepri sebagai Kawasan Strategis Perekonomian Nasional (KSPN), dan proyek jembatan ini akan menjadi salah satu aset berharga bagi provinsi ini.

Tidak hanya memiliki manfaat ekonomi, jembatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan mobilitas warga di wilayah tersebut.

Dengan adanya jembatan ini, perjalanan antar-pulau akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Jembatan Batam-Bintan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melintasinya.

Dengan pemandangan laut Kepri yang indah dan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya, perjalanan melintasi jembatan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bahkan, keindahan perbukitan di wilayah Batam dan Bintan juga akan menarik perhatian para pengunjung.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr