sunbanner

Miliaran Rupiah Terkuras: Proyek Bandara Internasional Bangka Belitung Sampai Bikin Dana Membengkak hingga Rela Menguruk Ratusan Danau yangD iili Daerah Ini

Miliaran Rupiah Terkuras: Proyek Bandara Internasional Bangka Belitung Sampai Bikin Dana Membengkak hingga Rela Menguruk Ratusan Danau yangD iili Daerah Ini

Miliaran Rupiah Terkuras: Proyek Bandara Internasional Bangka Belitung Sampai Bikin Dana Membengkak hingga Rela Menguruk Ratusan Danau yangD iili Daerah Ini-pexels/pixabuy-

Meskipun begitu, operasional bandara baru dimulai pada tahun 2017. Barulah pada tahun 2019, bandara ini resmi diresmikan oleh Presiden Jokowi, sebagaimana dilaporkan oleh laman angkasapura2.co.id.

Menariknya, proyek pembangunan bandara internasional di Bangka Belitung ini bukanlah memulai pembangunan dari awal.



Sebenarnya, proyek tersebut merupakan pengembangan dari gedung terminal dan fasilitas lainnya yang telah ada sebelumnya. Luas area bandara diperluas dari 153 hektar menjadi 309 hektar.

Baca juga: Inilah Asal Usul Nama Daerah Prabumulih di Sumatera Selatan, Jejak Kembali ke Akar Budaya, Siapa Sangka Maknanya Begitu Megah Ternyata Karena...

Baca juga: Limpahan Garam? Inilah Asal Usul dan Keunikan Nama di Banyuasin Sumatera Selatan Bikin Heboh, Ternyata Berawal dari Ini!





×

Ternyata, dari 997 danau yang harus diuruk, bukanlah danau-danau alami. Mereka sebenarnya adalah bekas galian tambang timah di provinsi tersebut.

Sebagaimana dikenal luas, Bangka Belitung merupakan salah satu produsen timah terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan bekas galian yang kemudian berubah menjadi danau menjadi hal yang wajar di sana.

Proyek ini merupakan pengembangan dari Bandara Depati Amir yang terletak di Kabupaten Bangka Tengah, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Km 7, Kecamatan Bangkalan Baru, Kelurahan Beluluk. Bandara ini direncanakan akan menjadi bandara internasional di masa depan.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr