sunbanner

Menelusuri Jejak Pemekaran dan Kelahiran Kalimantan Utara dengan Perpecahan Kalimantan Timur yang Sudah Diresmikan Sejak 25 Oktober

Menelusuri Jejak Pemekaran dan Kelahiran Kalimantan Utara dengan Perpecahan Kalimantan Timur yang Sudah Diresmikan Sejak 25 Oktober

dermaga-Photography-Landscape/pixabay-

+

Tanjung Selor, Ibu Kota Kaltara

Ibu kota Kalimantan Utara terletak di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Luas wilayah Kaltara mencapai sekitar 71.827 kilometer persegi.



Pembentukan provinsi ini merupakan hasil usulan dari masyarakat, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi sebagai tahap-tahap penting dalam prosesnya.

Baca juga: Ditetapkan pada 25 Oktober!5 Daerah Pilih Pisah dari Kalimantan Timur Hingga Akhirnya Terpecah Menjadi 2, Buat Bentu Provinsi Baru Apakah Mungkin?

Lim Wilayah Menjadi Bagian Kaltara





×

Provinsi baru ini membawa lima wilayah ke dalam pangkuan Kaltara, yaitu Kota Tarakan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Bulungan.

Dengan menelusuri jejak sejarah dan perkembangan Kalimantan Timur hingga lahirnya Kalimantan Utara, diharapkan kita dapat lebih memahami dan menghargai kekayaan serta keragaman budaya yang ada di setiap sudut Indonesia, khususnya di Pulau Kalimantan.

Sebuah perjalanan yang menggugah rasa ingin tahu dan pemahaman terhadap sejarah bangsa.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr