sunbanner

DPR RI Sahkan Pemekaran! Banten Segera Miliki 1 Kota dan 3 Kabupaten Baru, Ada Apa di Balik Keputusan Ini?

DPR RI Sahkan Pemekaran! Banten Segera Miliki 1 Kota dan 3 Kabupaten Baru, Ada Apa di Balik Keputusan Ini?

DPR RI Sahkan Pemekaran! Banten Segera Miliki 1 Kota dan 3 Kabupaten Baru, Ada Apa di Balik Keputusan Ini?--

Janji untuk menindaklanjuti usulan tersebut dengan mengirimkannya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah ditegaskan sebagai komitmen dari pihak terkait.

Di sisi lain, Anggota DPR RI, Eddy Sadeli, juga turut menyuarakan dukungan penuh terhadap pemekaran wilayah di Banten, mengungkapkan keyakinannya bahwa hal ini akan mempercepat proses pembangunan di wilayah tersebut.



Usulan pemekaran wilayah tersebut mencakup pembentukan tiga kabupaten tambahan, yaitu Cilangkahan, Cibaliung, dan Caringin.

Cilangkahan direncanakan akan dimekarkan dari Kabupaten Lebak, yang meliputi sejumlah kecamatan seperti Bayah, Cibeber, Wanasalam, dan lainnya.

Baca juga: Grobogan Makin Bersinar dengan 6 Makanan Khasnya Bercita Rasa Tinggi, Wajib Cobain Kalau Mampir





×

Baca juga: Cek Lokasi dan Alamat Kafe Terkeren di Tuban, Jawa Timur, yang Menawarkan Suasana Kece dan Berkelas, Cocok Buat Arek Tuban!

Sementara itu, Cibaliung diusulkan untuk mencaplok wilayah Kabupaten Pandeglang, dengan kecamatan-kecamatan seperti Cibaliung, Sumur, dan Cimanggu sebagai bagian dari wilayah baru tersebut.

Kemudian, Caringin direncanakan sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Lebak, dengan kecamatan-kecamatan seperti Labuan, Sukaresmi, dan Patia di antaranya.

Tidak hanya itu, terdapat juga wacana pembentukan Tangerang Tengah, yang direncanakan sebagai pemekaran dari Kabupaten Tangerang.

Rencana ini telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten sejak bulan November 2023.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr